Header Ads

KPw BI Pematangsiantar Resmikan BI Corner ke 10 di SMA YPK Pematangsiantar


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan meresmikan 1 (satu) unit BI Corner di Perpustakaan SMA Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) Kota Pematangsiantar, Senin (29/10/2018).

Pojok baca ini merupakan BI Corner ke-10 yang diresmikan oleh KPw BI Pematangsiantar sejak tahun 2015 dan menjadi BI Corner ke-6 pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Peresmian dan serah terima BI Corner yang berdekatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini menjadi momen yang baik untuk membakar semangat para siswa untuk memperdalam ilmu pengetahuan melalui bahan bacaan.

BACA JUGA  Pertama Kali, KPw BI Pematangsiantar Resmikan BI Corner di Simalungun


“Jangan warisi aku abu Sumpah Pemuda, tapi warisi aku api Sumpah Pemuda!”,Demikian seruan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, mengutip kalimat dari Proklamator Kemerdekaan RI, Ir. Soekarno.

Seruan tersebut menjadi penyemangat bagi insan muda, termasuk siswa yang akan menjadi para pemimpin bangsa di masa datang. Bagi para siswa, wujud semangat Sumpah Pemuda untuk mempertahankan tanah air, bangsa dan bahasa yang satu, dilakukan melalui peningkatan pemahaman dan ilmu pengetahuan siswa sehingga generasi ke depan tidak mudah dipecah belah oleh informasi yang keliru. Keberadaan BI Corner turut mendukung semangat Sumpah Pemuda ini melalui penyediaan literasi yang baik kepada para siswa.

Turut hadir dalam kegiatan peresmian BI Corner, Ketua Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) Pematangsiantar, Sri Danti, BA, Kepala Sekolah SMA Yayasan Perguruan Keluarga (YPK) Pematangsiantar, Drs. Prayugo, pengurus Yayasan dan para guru SMA YPK Pematangsiantar.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMA YPK Pematangsiantar, Drs. Prayugo memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia atas kehadiran BI Corner di perpustakaan SMA YPK Pematangsiantar. Keberadaan BI Corner diharapkan dapat meningkatkan minat baca para siswa, menambah kemampuan literasi dan ilmu pengetahuan siswa. Desain dan fasilitas ruangan BI Corner yang nyaman serta bahan bacaan berbahasa Inggris juga diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan fasilitas perpustakaan ke depan dan dapat menunjang pendidikan siswa SMA.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan, juga menyampaikan bahwa BI Corner merupakan salah satu Program Sosial Bank Indonesia yang ditujukan untuk meningkatkan edukasi masyarakat, dengan menyediakan buku-buku mengenai ekonomi yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri. Selain itu BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi bagi BI agar masyarakat semakin mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi-publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.

Pada tahap awal, BI Corner difokuskan pada institusi pendidikan khususnya pada level Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Atas, kedepannya BI Corner diharapkan dapat hadir baik pada setiap level institusi pendidikan maupun sarana perpustakaan daerah hingga fasilitas publik lainnya. Program ini merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk “Indonesia Cerdas”.


Sekedar diketahui Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar telah memfasilitasi pembangunan BI Corner di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten/Kota wilayah kerja lainnya sejak tahun 2015. Pada tahun 2015 telah diresmikan dua unit BI Corner di Perpustakaan Daerah Kota Pematangsiantar dan Perpustakaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar.

Selanjutnya pada tahun 2016 diresmikan dua unit BI Corner lainnya di SMAN 4 Pematangsiantar dan Universitas Asahan. Pada tahun 2017, KPw BI Pematangsiantar membangun 5 unit BI Corner, 3 unit berlokasi di Kota Pematangsiantar yaitu di SMAN 1, SMA Pelita Pematangsiantar, dan Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun, 1 unit berlokasi di Kota Kisaran yaitu SMAN 1 Kisaran dan 1 unit di Kabupaten Simalungun yang berlokasi di SMAN 1 Raya.

Adapun pada tahun 2018 ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar berencana membangun BI Corner sebanyak 4 unit di berbagai SMA di Kota Pematangsiantar. Ke depan, KPw BI Pematangsiantar akan senantiasa memberikan edukasi mengenai tugas dan peran bank sentral serta memantau pelaksanaan BI Corner yang telah dibangun dalam rangka mendukung pengembangan edukasi bidang ekonomi di wilayah kerja.

Tak hanya meresmikan BI Corner, Bank Indonesia juga turut memberikan sosialisasi kepada 80 (delapan puluh) guru dan siswa SMA YPK Pematangsiantar. Pada sesi ini, para peserta diajak untuk mengenal lebih dekat peran dan tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral, ciri-ciri keaslian uang Rupiah, instrumen pembayaran non tunai dan sosialisasi mengenai Gerbang Pembayaran Non-tunai (GPN). Melalui kegiatan sosialisasi ini, para guru dan siswa diharapkan dapat lebih memahami peran bank sentral serta turut berkontribusi dalam memperlakukan Rupiah dengan baik.

Penulis    : franki
Editor      : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.