Header Ads

Pemko Apresiasi Pengelola Perpustakaan Terbaik Sekota Siantar


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Sebagai bentuk apresiasi pada pengelola Perpustakaan, Pemerintah Kota melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip menggelar Lomba Perpustakaan Tingkat Kota Pematangsiantar dengan Kategori Tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas dan Kelurahan, Selasa (16/10/2018).

Walikota Pematangsiantar diwakili Asisten II, Drs.M Akhir Harahap mengatakan perpustakaan adalah bagian integral dari pembelajaran yang berfungsi sebagai sumber belajar, pusat kegiatan belajar, pusat penelitian, serta tempat rekreasi intelektual bagi peserta didik dan tenaga kependikan dalam mendukung tercapainya pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

BACA JUGA  Bimtek Perpustakan, Ferlin Nainggolan, SH : Siantar Harus Dipertahankan Sebagai Kota Pendidikan
Para juara Perpustakaan tingkat SD, SMP dan Kelurahan sekota Pematangsiantar tahun 2018.
Selain di Sekolah, Perpustakaan juga telah berdiri di Kelurahan yang berfungsi melayani penyediaan informasi dan bahan bacaan bagi Masyarakat.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan bagi kemajuan pendidikan Walikota melalui Asisten berharap semua pihak dapat terus berperan serta terhadap kemajuan perpustakaan khususnya di Pematangsiantar.

Ia juga meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip terus berbenah dan berinovasi menciptakan suasana yang menyenangkan bagi masyarakat di era digital. Sehingga model dan bentuk layanan perpustakan berbasis Teknologi Informasi juga dapat diterapkan di Pematangsiantar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Neslianita Sinaga melaporkan tujuan kegiatan untuk menumbuh kembangkan semangat bagi para pengelola dan pembina perpustakaan sekolah, Kelurahan untuk semakin meningkatkan layanan perpustakaan yang lebih profesional dan budaya gemar membaca di Pematangsiantar.

"Saya harapkan para juara terus meningkatkan pelayanan minat baca di perpustakaan sekolah masing-masing, sehingga minat baca semakin meningkat dikalangan pelajar,"ujarnya.

BACA JUGA  Perpustakaan Umum Sintong Bingei kota Siantar Semakin Diminati, Ada Permainan Edukasi Anak

Acara Penyerahan hadiah Perpustakaan tingkat SD, SMP dan Kelurahan sekota Pematangsiantar tahun 2018.
Minat Baca dan Lahirkan Tokoh Nasional dari Siantar

Kepala Dinas Perpustakaan Provsu Ferlin Naingolan.SH dalam sambutannya mengatakan, Siantar sebagai barometer peningkatan pendidikan di Sumatera Utara harus terus mendorong minat baca, sehingga nantinya dapat melahirkan tokoh-tokoh Nasional ke masa yang akan datang.

"Dari 33 Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Utara, Siantar termasuk sepuluh besar meningkatkan minat baca. Saya harapkan kedepan dengan adanya peningkatan minat baca di Siantar, akan lahir tokoh-tokoh "sekelas" Adam Malik dan Melanthon Siregar,"ujarnya.

"Minat baca bukan bawaan lahir, minat baca harus ditumbukan,"terang Ferlin lagi.

Tingkatkan Minat Baca dan Kreatifitas Siswa

Herbet Aruan Spd. MH Ketua Panitia yang juga Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar mengatakan, program minat baca dari tahun-ketahun mengalami peningkatan. Bukan itu saja, kretaifitas disekolah juga semakin banyak, baik olahraga maupun ketrampilan dan kesenian.

"Harapan kita disamping perpustakaan dalah tempat menumbuhkan minat baca, kita harapkan kretatifitas diperpustakaan juga dapat ditingkatkan, baik seni dan ketrampilan lainnya, yang semuanya kita harapkan bersumber dari baca buku,"terang Herbet.

Acara juga dimeriahkan tarian seni dan kebudayaan tortor Simalungun, tortor Toba, Puisi dan juga tarian Toba Nauli daris siswa-siswi SD. Budi Mulia 2 Pematangsiantar, SD 125536 jalan laguboti, SMP Negeri 8 pematangsiantar, dan SD. YP Keluarga.

Penilaian perpustakaan sekota Pematangsiantar adalah Kepala Dinas Perpustakaan Provsu Ferlin Naingolan.SH  sebagai ketua tim Juri dan Eli Hayati, S.Sos dari Dinas Perpustakaan Provsu. Hadir dalam acara penyerahan hadiah Drs. AH. Siregar, MPd dari Dinas Pendidikan kota Pematangsiantar.



Penulis   : franki
Editor     : tagor




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.