Header Ads

Perpustakaan Nasional Kaji Kegemaran Minat baca, Siantar Turut Dalam Survei


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Untuk meningkatkan minat baca, pemerintah Republik Indonesia melalui Perpustakaan Nasional terus berupaya mengkaji dan mengkampanyekan minat baca kepada masyarakat.

Peningkatan minat baca di Indonesia terus digelorakan melalui berbagai kegiatan maupun perlombaan. Untuk mengetahui sejauh mana kegemaran minat baca di Indonesia pihak Perpustakaan Nasional melalui Perpustakaan dan Arsip  Propinsi Sumatera Utara melaksanakan kajian ke daerah-daerah.

BACA JUGA  Siantar adakan Koordinasi Pengembangan Perpustakaan, Jojor Sitorus : Sekolah Wajib Memajukan Perpustakaan

Masyarakat Literasi siantar yang disurvei tentang minat baca dari Perpustakaan Nasional.
"Benar, kita saat ini melakukan survei tentang minat baca di Indonesia. Dari 33 kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara, tujuh daerah yang di survei tahun 2018. Survei ini untuk mengetahui minat baca di Indonesia, salah satunya yang disurvei kota Pematangsiantar," kata Indra Nasution, SE, MSi bidang penggelolaan bahan pustaka di kantor Perpustakaan dan Arsip  Propinsi Sumatera Utara dan Welly Siregar, S.Kom, MSi bidang program perpustakaan kepada lintaspublik.com, Senin (29/10/2018) di kantor Perpustakaan dan Arsip kota Pematangsiantar jalan Merdeka  kota Siantar.

Lebih jauh Indra Nasution mengatakan, kegiatan membaca maupun gemar membaca saat ini terus digalakkan oleh pemerintah pusat melalui berbagai kegiatan, baik pelatihan, seminar, maupun kampanye minat baca melalui berbagai perlombaan.

"Kami akan terus mendukung program minat baca di Indonesia ini, dan kajian-kajian gemar membaca atau minat baca akan terus dikampayekan,baik disekolah-sekolah, maupun kepada masyarakat umum. Semoga melalui berbagai kegiatan tentang minat baca, kegemaran minat baca secara nasional maupun di propinsi Sumatera Utara dapat meningkat,"ungkap Indra Nasution.

Pantauan lintaspublik.com, 15 peserta yang disurvei di kota Pematangsiantar terdiri dari mahasiswa, dosen, tokoh masyarakat, pemerhati literasi, siswa SMP, SMA, dan pemerhati pendidikan di kota Pematangsiantar.

Ditempat yang sama, Herbet Aruan Spd. MH Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar mengharapkan, hasil survei yang dilakukan pihak perpustakaan nasional mendapat hasil atau peningkatan minat baca yang terus berkembang.

"Semoga hasil survei nantinya dan memuaskan, dan peningkatan minat baca di Indonesia terus digelorakan. Demikian harapan kita kegemaran minat baca di Siantar juga meningkat,"harapnya.

Thomas Rajagukguk salah satu siswa SMP yang turut dalam survei mengatakan, sangat suka mengunjungi perpustakaan karena banyak bahan bacaan (buku) yang dapat dibaca.

"Disini banyak bukunya, dan tempatnya juga nyaman, jadi kami sering keperpustakaan dengan kawan-kawan seusai pulang sekolah,"ungkapnya.

BACA JUGA  UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN




Penulis   : franki
Editor     : tagor



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.