Header Ads

Provider BPJS Kesehatan Mudahkan Peserta dengan Aplikasi Antrian Online Pematangsiantar


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Berbagai cara dilakukan demi meningkatkan kepuasan dan kemudahan peserta mendapatkan pelayanan baik di FKTP ( Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama ) maupun di FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan).

Berbagai inovasi pun dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk hal tersebut. Sebagai salah satu provider dari BPJS Kesehatan , Puskesmas Parsoburan Kota Pematangsiantar pun tidak ingin ketinggalan menciptakan inovasi yaitu dengan menggunakan aplikasi antrian online dengan nama SI PAPA ONLINE (Sistem Informasi Pelayanan Pasien Online) yang baru dilaunching pada tanggal 18 Oktober kemarin.


Dokter Olga lumowa selaku dokter pelayanan di Puskesmas Parsoburan kepada wartawan (22/10/2018) menjelaskan, bahwa aplikasi ini sangat membantu pasien yang ingin berobat ke Puskesmas Parsoburan. Karena fungsi dari aplikasi SI PAPA ONLINE, untuk memudahkan peserta dapat mendaftarkan dirinya, untuk berobat ke Puskesmas Parsoburan hanya melalui aplikasi, untuk mendapatkan nomor antrian sehingga si calon pasien dapat memperkirakan pada pukul berapa peserta akan mendapatkan pelayanan.

“ Aplikasi Ini akan membantu pasien untuk tidak perlu datang ke Puskesmas untuk mendaftar berobat dan tidak akan lama-lama lagi mengantri di Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan. Karena perlu diketahui jumlah kunjungan pasien ke Puskesmas Parsoburan bisa mencapai 100 kunjungan/hari. Cara untuk mengakses aplikasinya pun sangat mudah dengan mengunjungi laman http://puskesmas-parsoburan.pematangsiantarkota.go.id/antrian/," terang Olga.

Alfanny Siregar, salah satu peserta yang berkunjung di Puskesmas Parsoburan menyambut baik dengan adanya aplikasi antrian online SI PAPA ini, karena bisa mendaftar dimana saja dan tidak perlu datang ke Puskesmas untuk mendaftar berobat serta tidak perlu berlama-lama mengantri di Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan.

“ Harapan saya baik BPJS Kesehatan maupun Provider BPJS Kesehatan terus memberikan inovasi untuk memudahkan peserta mendapatkan pelayanan," kata dia.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Windharlan Siallagan mengapresiasi inovasi dari Puskesmas Parsoburan dengan diluncurkannya aplikasi SI PAPA ONLINE ini karena ini adalah yang pertama kali ada di wilayah kerja KC Pematangsiantar yang menggunakan sistem aplikasi antrian online.

Hal ini nantinya akan sangat berpengaruh kepada kepuasan pasien saat ingin mendapatkan pelayanan. Pasien nantinya tidak akan perlu berlama-lama di FKTP untuk mengantri mendapatkan pelayanan, karena sudah mengetahui pukul berapa akan mendapatkan pelayanan sehingga keluhan masyarakat karena terlalu lama mengantri itu pun dapat terhindari.

“ Harapannya inovasi yang dilakukan oleh Puskesmas Parsoburan ini dapat menginspirasi FKTP lain untuk melakukan hal yang serupa sehingga si pasien semakin mendapatkan kemudahan untuk berobat,” kata Windharlan.

Penulis   : franki
Editor     : tagor 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.