Header Ads

Tanah Terbelah di Lahan Kosong Bikin Geger Warga Cisalak Pasar


LINTAS PUBLIK - DEPOK,  Warga RW 02, Kel. Cisalak Pasar, Cimanggis dihebohkan dengan adanya tanah terbelah di tengah lahan kosong seluas 2.200 M2 lingkungan sekitar yang mencapai panjang 20 hingga 26 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Mereka minta Pemkot Depok untuk melakukan pengecekan terhadap keberadaan lahan yang terbelah tersebut, karena khawatir merembet ke sejumlah pemukiman warga sekitar.

“Kami berharap Pemkot Depok melakukan pengecekan terhadap kondisi
lahan kosong yang terbelah atau retak dengan lebar sekitar 30 hingga 50 Cm, panjang mencapai 26 meter dan 1,5 meter dalamnya,” kata Ny. Nuraini, warga RW 02, Kel. Cisalak Pasar, Cimanggis, Senin (22/10/2018).

Kondisi lahan kosong yang retak atau terbelah membuat geger warga RT 02/02, Kel. Cisalak Pasar, Cimanggis.
Kejadian tanah terbelah atau retak sekitar hari sabtu (19/10) saat sebelum hujan deras di Kota Depok. Awalnya warga menilai hal biasa karena musim kemarau kebanyakan tanah pada retak tapi karena keretakan cukup berbeda memiliki panjang sekitar 26 meter dan lebar retakannya juga berbeda langsung menjadi perhatian warga sekitar dan menganggap seperti bekas gempa.

Ketua RT 02/02, E. Suheman menambahkan, di bekas lapangan tersebut dulunya sempat berdiri rumah dan ada beberapa sumur tapi sekarang sudah rata dengan tanah dan menjadi lahan terbuka yang sering dipakai anak-anak bermain sepak bola.

“Informasi dari orang yang sudah lama tinggal di kawasan Cisalak Pasar. Lahan itu dulunya ada sejumlah rumah dan memiliki beberapa sumur jadi kemungkinan tanahnya labil sehingga membuat retakan,” tuturnya.

Dia berharap Pemkot Depok untuk secepatnya mengecek kondisi tanah yang retak tersebut agar ada kepastian kaitan masalah tanah retak ini.

Sementara itu, Camat Cimanggis Eman Hidayat, mengatakan warga di lingkungan RT 02/02, Kel. Cisalak Pasar yang berdekatan dengan lokasi tanah retak atau terbelah tidak perlu khawatir. Pasalnya, sejak terjadi keretakan tanah di lahan seluas 2.200 M2 hingga hari ini tidak ada perubahan. “Namun kewaspadaan tetap harus diperhatikan,” ujarnya

Pihaknya kini tengah mencari pemilik lahan yang menurut informasi pemiliknya warga Sawangan, Depok.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.