Header Ads

Tiga Jurus Jack Ma Raih Sukses


LINTAS PUBLIK - BALI, Pendiri sekaligus Executive Chariman Alibaba Jack Ma turut hadir dalam pertemuan tahunan IMF World Bank Group 2018 di Bali. Dalam kesempatan itu dia mengumbar tiga jurus agar mencapai kesuksesan, apa saja?



Saat berdialog dengan Presiden IMF Jim Yong KIM dalam sesi pleno Disrupting Development: Digital Platforms and Innovation, Jack Ma mengupas bagaimana perjalanan Alibaba membantu banyak pengusaha kecil di China raih kesuksesan. Salah satu orang terkaya di Asia ini pun kemudian memberi saran agar para pelaku bisnis menerapkan tiga pendekatan bisnis yang selama ini dia pegang teguh.

Pertama IQ. Menurut Jack Ma, IQ adalah hal penting karena berarti seorang wirausaha dapat menciptakan ide bisnis yang dapat direalisasikan dan bertahan saat melewati masa-masa sulit di masa depan.

Kedua EQ. Kata pria kelahiran Hangzhou itu EQ atau kecerdasan emosional tidak kalah penting. Seorang wirausaha harus memiliki keterampilan untuk bekerja sama dan menjadi pemimpin yang menginspirasi timnya.

Terakhir LQ. Jack Ma mengataka LQ atau kecerdasan berdasarkan perasaan kasih, sebuah etos kerja yang menggerakan sebuah usaha. Baginya, di permukaan, hal ini akan terlihat seperti memberikan layanan bisnis saja, padahal tindakan ini menunjukkan sebuah tindakan yang mendahulukan orang lain.

"Jika kita fokus pada hal tersebut (IQ, EQ dan LQ) wirausaha dapat mencapai kesuksesan," tegas Jack Ma.

sumber  : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.