Header Ads

Hari Buku 2018, Inilah Juara Lomba Mewarnai Sekota Pematangsiantar


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Untuk memperingati Hari buku Nasional tahun 2018, Pemerintah kota Pematangsiantar mengadakan berbagai lomba.

Adapun lomba yang diadakan untuk meningkatkan minat baca dan literasi bagi kalangan pelajar yaitu lomba  mewarnai, lomba Puisi dan lomba bercerita, hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar.

BACA JUGA  Siantar adakan Koordinasi Pengembangan Perpustakaan, Jojor Sitorus : Sekolah Wajib Memajukan Perpustakaan

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar Neslianita Sinaga dan Herbet Aruan Spd. MH Ketua Panitia  juga Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar bersama juara Lomba Mewarnai.
"Untuk meningkatkan minat baca dan Literasi, dalam rangka peringatan Hari Buku, kami mengelar lomba mewarnai tingkat TK, lomba bercerita tingkat SD, dan lomba puisi tingkat SMP yang dilaksanakan 22-23 November 2018,"kata Dra. Neslianita Sinaga, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar, Jumat (23/11/2018) seusai menyerahkan hadiah kepada juara lomba di Halaman Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka kota Pematangsiantar.

Sebelumnya pada pembukaan peringatan Hari Buku Nasional, Kamis (22/11/2018), Togar Sitorus, SE Wakil Walikota Pematangsiantar mengajak agar masyarakat ditruntut terus membaca, karena membaca dapat mengamati sekitarnya, dan membaca banyak mamfaatnya. Dan buku adalah membuka jendela dunia.

“Teknologi dan informasi begitui cepat, maka kita dituntut untuk terus membaca, baik membaca dalam arti yang sesungguhnya ataupun membaca dalam makna mengamati keadaan sekitar. Budaya membaca harus terus ditingkatkan, kita sebut saja negara Jepang, Korea, Jerman adalah negara yang maju, semua masyarakatnya ternyata budaya bacanya sangat tinggi,” jelasnya.

BACA JUGA  Pemko Siantar Sosialisasi Kearsipan dan Penyimpanan Dokumen Negara

Wakil walikota Siantar Togar Sitorus dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar Neslianita Sinaga menyambut tarian Simalungun memeriahkan Hari Buku nasional di kota Pematangsiantar.
Togar juga mengajak, anak-anak dan generasi muda untuk gemar membaca sejak dini, ternyata membaca juga bisa meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan stres.

"Terbiasa membaca, maka akan menjadi kebutuhan, dan bukan hanya mengisi waktu senggang,"ujar Togar, sambil menjelaskan pengaruh gadget terhadap minat baca jadi terganggu.

Informasi yang diterima lintaspublik.com, kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar buka pada hari Sabtu, dan tahun depan akan dibuka hingga malam, sekitar jam 19.00 Wib. Untuk saat ini buka Senin hingga Kamis pukul 08.00-16.00 WIb. Sedangkan Jumat hingga pukul 16.30, dan Sabtu pukul 09.00-15.00 WIB.

Jumlah buku tersedia di perpustakaan 13.195 eksemplar dengan judul 600 lebih. Ini pengadaan 2017, dan di 2018 sedang dalam proses. Kita juga mengadakan perpustakaan keliling dengan mengandalkan mobil.

BACA JUGA  Pemko Apresiasi Pengelola Perpustakaan Terbaik Sekota Siantar

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar Neslianita Sinaga
memperhatikan siwa TK lomba mewarnai.
Lomba Puisi, Bercerita dan Mewarnai

Pada perlombaan Puisi, bercerita dan Mewarnai yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Pematangsiantar dosambut positif  para guru dan siswa, hal ini dibuktikan banyaknya peserta yang mengikuti lomba.

Dalam kesempatan itu, Herbet Aruan Spd. MH Ketua Panitia yang juga Kepala bidang pengembangan minat baca perpustakaan kota Pematangsiantar menjelaskan, lomba yang diadakan ini dalam rangka memberi semangat membaca dan literasi bagi para pelajar.

" Luar biasa yang mengikuti lomba ini, untuk bercerita ada 38 sekolah yang mengikutinya, jadi kami laksanakan lomba bercerita selama dua hari, demikian juga lomba puisi sebanyak 17 peserta (sekolah), dan mewarnai 28 peserta,"kata Herbet Aruan.

Juara Mewarnai Tingkat Taman Kanak-Kanak/PAUD


Juara I                                   : Stevani El Tania  TK. Sultan Agung
Juara II                                  : Syafira Izzatunnisa TK. Kemala Bhayangkara
Juara III                                 : Khanza Aqilah Ahmad Nasution TK. Syandi Putra Telkom
Juara Harapan I                    : Wilson TK. Manjusri
Juara Harapan II                  : Zofiana R. Silalahi TK Kartini Handayani
Juara Harapan III                 : Syahreza Akbar RA Nurul Iman

Turut memeriahkan Acara Hari Buku Nasional tahun 2018 Penerbit Erlangga, Indocafe, Lembaga Yuni Phea, Lumenium , Sangar seni Kranka Art dan Pelantikan Forum Literasi Kota Pematangsiantar yang diketuai Tagor Sitohang, SH. Hadir dalam penyerahan hadiah dewan Juri Dr. Dra. Jumaria Sirait, M. Pd, Lili Tansliova, S.Pd, M. Pd, Asep Arip, ACN, S.Sn, ME, Fadli dan Martin Zanroto, Tagor Leo Sitohang, SH, dan Eduardo Sianturi, S.Pd, M.Pd.



Penulis  : tagor
Editor    : tagor






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.