Header Ads

Jadikan Perjuangan Sisingamangaraja sebagai Pendukung Wisata


LINTAS PUBLIK, Riwayat hidup atau riwayat perjuangan Pahlawan Raja Sisingamangaraja di Tapanuli, khususnya di kawasan Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) layak dijadikan kekayaan sejarah mendukung keparawisataan.

"Banyak situs objek sejarah perjalanan Raja Sisingamangaraja di Tobasa, kami yakini sangat disukai dan diminati pengunjung khususnya turis manca negara," ujar Kepala Dinas Parwisata, Audhy Murphi Sitorus, Sabtu (10/11/2018) saat memeringati Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Tobasa di Tanah Lapang Sisingamangaraja Balige.

ilustrasi
Dia mengatakan, sejarah dan perjuangan Raja Sisingamangaraja yang diketahui untuk menghantarkan bangsa khususnya kawasan Tapanuli lepas dari tangan penjajahan bangsa lain hendaknya disyukuri dan dijadikan sebagai motivasi lebih mencintai bangsa dan NKRI sehingga, dikatakan dia, tercipta rasa kebangsaan yang tinggi bagi setiap warga.

"Contoh ini yang perlu dipahami oleh masyarakat sehingga pembangunan lebih berjalan baik sehingga pencapaian kemajuan lebih cepat," ungkapnya.

Disampaikan Mantan Sekda ini, Hari Pahlawan yang berthemakan Pahlawan Didadaku sekaligus mengajak generasi muda untuk lebih agresif menjadi pelaku wisata baik sisi usaha maupun penyedia ataupun pemandu.

"Kita saat ini sangat membutuhkan pejuang pejuang wisata dan bagi yang mau pemerintah siap memberikan pelatihan," terangnya membeberkan sejumlah situs sejarah berkaitan dengan perjalanan Sisingamangaraja seperti Mual Siguti, Dolok Tolong, Peatalun, Pagar Batu dan Tanggabatu.

Peringatan Hari Pahlawan yang dipimpin oleh Wakil Bupati, Hulman Sitorus, sebelumnya diawali ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Soposurung dilanjut peringatan di Lapangan Sisingamanraja diikuti sejumlah elemen masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

sumber  : MB 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.