Header Ads

Kalah 0-1 dari Singapura, Indonesia Harus Segera Berbenah


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Timnas ‘Garuda’ Indonesia kalah 0-1 pada laga perdana fase Grup B Piala AFF 2018 dari tuan rumah Singapura di Stadion Nasional, Jumat (9/11) malam WIB. Tim besutan Bima Sakti itu tampak kesulitan memenembus pertahanan tuan rumah selama 90 menit laga.

Dengan hasil itu, skuad Bima wajib berbenah jika tidak ingin kehilangan peluang lolos ke fase selanjutnya.

Indonesia bakal menghadapi Timor Leste pada laga selanjutnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11) mendatang.

Febri Haryadi berebut bola dengan pemain Singapura, Zulisman
Timor Leste bakal tampil ngotot mencuri kemenangan setelah dibantai 0-6 oleh tuan rumah Thailand pada hari yang sama. Meski berada satu level di bawah tim Garuda, sikap ngotot Timor Leste tidak boleh diremehkan oleh Hansamu Yama Pranata dan kolega.
Apalagi dengan kondisi mandul yang dialami tim Garuda sepanjang 90 menit melawan Singapura di laga perdana. Bermain di hadapan publik lawan, Indonesia sebenarnya mampu mendominasi permainan di awal laga. Namun Singapura yang lebih sigap, justru mampu membuat kejutan saat mereka nyaris menjebol gawang Andritany Ardhiyasa pada menit kesembilan. Beruntung, Andritany dengan tenang berhasil menyelamatkan gawang dari kebobolan.

Indonesia tidak tinggal diam. Sayang, umpan silang Stefano Lilipaly pada menit ke-14 yang mengenai pemain Singapura, hanya mampu ‘mencium’ mistar gawang. Gol yang ditunggu-tunggu kubu tuan rumah akhirnya tercipta di menit ke-37, lewat aksi Harris Harun yang sukses memaksimalkan umpan silang dari sisi kanan. Indonesia sebenarnya bisa menyamakan kedudukan lewat gol Alberto Goncalves, satu menit berselang. Namun wasit menganggapnya sudah lebih dulu berada dalam posisi off-side. Walhasil, skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Indonesia yang merasa terancam, berinisititif melancarkan serangan lebih dulu. Namun usaha Hansamu Yama cs untuk membongkar lini pertahanan Singapura, terus berujung pada kebuntuan hingga pertengahan babak kedua.

Sebaliknya, Singapura yang tidak ingin kehilangan muka, mulai mengendurkan serangan saat memasuki penghujung laga. Hal itu mereka lakukan demi menjaga keunggulan. Usaha itu pun berhasil dituntaskan anak-anak asuh Fandy Ahmad hingga laga bubaran.

Dengan hasil itu, Indonesia harus puas menempati posisi keempat Grup B, tanpa angka. Skuad Bima berada satu tingkat di bawah Filipina yang baru akan melakoni laga perdana, melawan Singapura, Selasa (13/11) mendatang. Singapura sendiri menempati posisi kedua Grup B dengan tiga angka. Skuad Fandy Ahmad itu hanya kalah produktivitas gol dari pimpinan Grup B, Thailand yang akan menjadi lawan Indonesia pada 17 November mendatang. Sementara Timor Leste menempati posisi buncit, tanpa angka.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.