Header Ads

Kalau Tak Mau Cepat Pikun, Pria Harus Banyak Minum Jus Jeruk


LINTAS PUBLIK, Sebuah penelitian ungkap kalau pria tak mau cepat pikun maka harus makan banyak sayuran dan minum jus jeruk. Dampaknya semakin terlihat pada pria paruh baya.

Dilansir dari DailyMail (23/11) para peneliti sudah melakukan studi selama 20 tahun untuk menemukan dampak konsumsi makanan pada tingkat ingatan seseorang. Hasilnya, ada beberapa makanan yang berhasil mempengaruhi tingkat efektifitas kerja memori seseorang di usia lanjut.

Salah satu masalah besar yang dialami orang lanjut usia adalah menurunkan ingatan mereka. Lewat penelitian ini terbukti kalau beberapa makanan seperti sayuran hijau, jeruk, sayuran merah dan buah berry membantu menurunkan resiko pikun.

Hasil penelitian ini dipublikasi secara online lewat jurnal Neurologi. Saat proses penelitian, peserta yang dilibatkan sebanyak 27.842 pria dengan rata-rata usia 51 tahun.

Para peserta mengisi kuisioner tentang berapa porsi buah dan sayuran yang disantap. Hal ini dilakukan selama 20 tahun dengan pantauan hasil kesehatan yang dilihat setiap empat tahun.

Seporsi buah dianggap kira-kira satu cangkir buah potong atau setengah gelas jus. Satu porsi sayuran dianggap setara dengan satu cangkir sayuran mentah dan dua cangkir sayuran hijau.

Salah seorang peneliti Changzheng Yuan dari Harvard mengatakan salah satu faktor penting penelitian inni adalah memantau dengan jelas apa yang disantap seseorang selama selang waktu 20 tahun.


"Studi kami memberikan bukti tentang pilihan diet penting yang bisa diterapkan untuk menjaga kesehatan otak," kata Yuan.

Para peserta penelitian juga mengambil tes subjektif dari segi kemampuan berpikir dan ingatan. Ini dilakukan ketika usia para peserta menginjak 73 tahun.

Lebih dari separuh pria dalam penelitian (55%) memiliki kemampuan berpikir dan ingatan yang baik, 38% memiliki keterampilan sedang, dan 7% memiliki kemampuan berpikir dan ingatan yang buruk.

Kalau Tak Mau Pikun, Pria Paruh Baya Harus Banyak Minum Jus JerukFoto: iStock

Para peserta kemudian dibagi menjadi lima kelompok berdasarkan jumlah konsumsi buah dan sayuran mereka.

Untuk sayuran, kelompok tertinggi memakan sekitar enam porsi per hari dibandingkan dengan dua porsi sayuran untuk kelompok terendah.

Untuk buah-buahan, kelompok tertinggi makan sekitar tiga porsi buah per hari, dibandingkan dengan setengah porsi untuk peserta yang makan paling sedikit buah.

Peserta yang minum jus jeruk setiap hari memiliki 47 persen ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi jus jeruk.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.