Header Ads

Plt Bupati Berharap Wartawan Labuhanbatu Memiliki Sertifikat dari Dewan Pers


LINTAS PUBLIK-RANTAUPRAPAT, Plt Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST, MT berharap agar kedepan seluruh wartawan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu memiliki sertifikat dari Dewan Pers melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Itu diperlukan untuk menjaga harkat dan martabat kewartawanan, dan menghindarkan penyalahgunaan profesi wartawan.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Labuhanbatu, di Ballroom Hotel Permata Land Rantauprapat, Selasa (6/11/2018).

BACA JUGA  Kumpulkan Zakat, Plt Bupati Minta Plt. BAZNAS " Gedor" Perusahaan

Plt. Bupati Labuhanbatu menyematkan tanda peserta Pelatihan Jurnalistik kepada wartawan peserta pelatihan.
Menurut Andi, pelatihan jurnalistik merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sumber daya manusia, khususnya dalam pembuatan berita, serta menambah pengetahuan dan keterampilan guna menghasilkan para wartawan yang lebih profesional di Kabupaten Labuhanbatu.
"Pada tahun 2019 ada momen yang harus kita jaga, yakni momen tahun politik. Disitulah kita memerlukan fungsi para wartawan untuk dapat menyeleksi informasi yang baik, agar tidak terjadi pemberitaan-pemberitaan yang berisi tentang hoax" katanya.

Lebih lanjut Andi mengatakan, kedepan wartawan dituntut untuk menghadirkan pemberitaan yang membangun.Wartawan di Labuhanbatu diharapkan juga dapat memberikan informasi bagi daerah luar tentang pembangunan Labuhanbatu.

"Kita semua punya cita-cita yang sama untuk mensejahterakan masyarakat. Sinkronisasi Pemkab dan wartawan juga harus semakin ditingkatkan. Harapan saya para wartawan dapat memberikan informasi bagi daerah luar tentang keberhasilan di Kabupaten Labuhanbatu" ujarnya

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara H. Hermansyah SE dalam kesempatannya menyampaikan, bahwa pelatihan Jurnalistik di Labuhanbatu sangat pantas untuk diapresiasi, apalagi melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab.

Keterlibatan para ASN dalam pelatihan jurnalistik itu sambung dia, akan memberikan pengetahuan tentang peran para jurnalistik.

"Semoga dengan adanya pelatihan-pelatihan tentang jurnalistik dapat menghasilkan wartawan-wartawan yang profesional untuk meraih penghargaan di tahun-tahun yang akan datang," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap ST, melalui Kepala Bidang Pelayanan Opini dan Aspirasi Publik Zainul Arifin SPd, menyebutkan, pelatihan jurnalistik diikuti oleh wartawan dan ASN dilingkungan Pemkab Labuhanbatu. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai tanggal 6 sampai 7 November 2018.

Penulis : tanjung
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.