Header Ads

BI Corner ke 12 Diresmikan di SMK Negeri 1 P.Siantar, Elly Tjan : Tidak Ada Pungutan Apapun, Mari Kita Rawat


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar, Elly Tjan kembali meresmikan BI Corner ke 12 di SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar, Senin (3/12/2018).

BI Corner ini merupakan Program Sosial Bank Indonesia untuk meningkatkan minat baca dan literasi di tengah-tengah anak bangsa.

Sekolah ini terpilih, setelah melalui tahapan dan survei yang ketat yang dilakukan Bank Indonesia Kota Pematangsiantar.

Sambung Elly Tjan, tidak semua sekolah maupun universitas di delapan daerah dibawah Bank Indonesia Pematangsiantar (Pematangsiantar, Simalungun, Asahan, Batubara, Tanjung Balai, Labuhan Batu Induk, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan) mendapat kesempatan. Salah satu syarat utama memiliki ruangan kosong 3×4 di setiap perpustakaan.

BACA JUGA  Elly Tjan: Program Sosial BI Kembangkan Minat Baca

KPw BI Pematangsiantar, Elly Tjan menyerahkan BI Corner kepada Kepala sekolah SMK Negeri 1 Pematangsiantar, Janner Manullang, S.Pd disaksikan Asisten II, Akhir Harahap, dan Mewakili Kacabdis Dinas Pendidikan Siantar, Rudi Gunawan.
Kemudian pemilihan lokasi pun harus dipojok sesuai dengan sebutan "BI Corner".

Oleh karena itu, harap Elly Tjan, pojok BI ini dapat menumbuhkan minat baca anak didik dan pengetahuan terutama mengenai ekonomi. Selain itu, buku yang diberikan juga ada bertema religi sehingga selain pengetahun juga akhlak anak didik semakin tumbuh.

Ditegaskan Elly Tjan, bahwa yang perlu dilakukan sekolah bagaimana merawat, menjaga dan menumbuhkan minat baca sehingga anak didik semakin rajin di BI Corner.

"BI Corner ini diberikan secara gratis atau tanpa pungutan. Jadi tidak ada bayar-membayar. Sehabis ini mari kita jaga BI Corner tersebut. Kami akan secara berkala mengunjungi. Makanya tadi saya heran, kenapa katanya urusan di BI katanya sulit. Padahal kelompok tani bilang urusannya mudah. Sepanjang memenuhi aturan, kita akan berikan bantuan. Sekali lagi tidak ada namanya pungutan,"ucap Elly Tjan sembari tertawa.

Sementara Kepala sekolah SMK Negeri 1 Kota Pematangsiantar, Janner Manullang, S.Pd, berterimakasih atas kepedulian Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar yang sudah membantu melengkapi sarana dan fasilitas di perpustakaan sekolah.

"Terlaksananya kegiatan hari ini berkat kerja sama tim perpustakaan sekolah guru dan siswa," ucap Janner.

Kata Janner, BI tidak sembarangan memberikan bantuan. Karena semua berdasarkan data dan kelayakan juga survey yang selektif. Awalnya selaku pimpinan, dirinya pesimis dapat terima bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI), karena banyaknya yang harus dilengkapi.

"Namun kerjasama tim kita bisa difasilitasi perpustakaan yang cukup luar biasa. Selain buku, sofa, seperangkat komputer dan desak yang bagus,"kisah Janner.

BI Corner diharapkan dapat memberikan motivasi anak untuk meningkatkan minat baca. Untuk selanjutnya pihak sekolah akan membentuk tim literasi di SMK Negeri 1 Siantar, agar anak didik berpacu dalam meningkatkan wawasan melalui buku dan tekhnologi.

Sementara Kepala cabang dinas pendidikan Siantar, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Darwin Erikson, M.Pd diwakili Rudi Gunawan mengatakan, untuk meningkatkan minat baca dan literasi bagi generasi muda, BI menargetkan 1000 BI Corner di seluruh Indonesia.

"Saya tadi searching di Google, ternyata BI Corner ditargetkan 1.000 di seluruh Indonesia. Kalau boleh 100 ada di Siantar,"kata dia.

Dalam kesempatan itu juga Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah diwakili Asisten II, Akhir Harahap, SE turut hadir. Seraya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bank Indonesia di dunia pendidikan.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.