Header Ads

Ditemukan, CVR Lion Air JT 610 Langsung Diamankan ke Jakarta


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Black box (kotak hitam) berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Lion Air JT610 setelah hampir 3 bulan pencarian sejak 29 Oktober 2018 lalu berhasil ditemukan, Senin (14/1/2018).

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada I TNI AL Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan, black box ditemukan tim penyelam TNI AL tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat, di sekitar Tanjung Karawang, Jawa Barat.

CVR pesawat Lion Air PK-LQP JT610 berhasil ditemukan oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut.
(ist/Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL)
“Iya, ditemukan pukul 09.10 oleh penyelam Kopaska dan Dislambair Koarmada I,” kata Agung.

Namun, Agung belum dapat menginformasikan detail lokasi penemuan. Saat ini, Agung menambahkan, black box CVR sudah diangkat ke kapal TNI AL untuk dibawa ke Jakarta.

“Sekarang sudah dipegang, sudah diangkat ke kapal (CVR-nya). Kapal apanya saya belum tahu,” imbuhnya.

Sebelumnya, dalam rangka Operasi Pencarian lanjutan CVR Lion Air JT610 di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, TNI AL terlibat secara langsung dalam Satgas yang dibentuk oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Dalam pencarian tersebut, TNI AL mengerahkan dua Unsur KRI yaitu KRI Spica-934 dari Pushidrosal dan KRI Leuser-924 dari Satban Koarmada I serta 25 personel Penyelam dari Dislambair Koarmada I.

Black box yang memuat CVR sangat penting guna menyelesaikan hasil investigasi terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Pesawat dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang itu jatuh di Tanjung Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi. Sebanyak 181 penumpang dan 8 awak diangkut dalam pesawat diduga tewas dalam kecelakaan itu.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.