Header Ads

Ijeck: Atlet Sumut Harus Mampu Tembus 5 Besar PON Papua


LINTAS PUBLIK - MEDAN, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatra Utara (Sumut) harus mampu mendorong peningkatan prestasi para atlet, baik di tingkat nasional maupun internasional. Serta masuk posisi 5 besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) saat membuka secara resmi Rapat Anggota KONI Sumut Tahun 2019, di Polonia Hotel Medan, Jumat malam (25/1/2019).


"Kita berharap nantinya pada PON 2020 di Papua Sumut bisa menduduki posisi 5 besar dan bisa menyumbangkan medali emas untuk cabang-cabang olahraga yang ada. Melalui rapat anggota ini KONI Sumut bisa menerima aspirasi dan masukan dari setiap pengurus cabang," ujar Ijeck.

Kata Ijeck, dalam sejarahnya prestasi olahraga Sumut tidak kalah dengan sejumlah provinsi. Bahkan untuk sejumlah cabang olahraga (Cabor), seperti atletik, renang, bahkan sepakbola Sumut dikenal sebagai gudangnya atlet nasional.

"Sekarang tak berprestasi tidak ada alasan bagi KONI Sumut. Kalau tidak, berarti ketua KONI yang salah. Sumut harusnya tidak boleh kalah dalam provinsi lain dalam hal olahraga. Banyak cabang olahraga dulu kita pernah menduduki prestasi, seperti renang, sepeda, lari (atletik). Sepakbola kita pernah membanggakan untuk tingkat nasional, bahkan internasional," ucap Ijeck.

Selain program kerja persiapan menuju PON 2020, pada rapat anggota tahun ini juga membahas persiapan Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah PON 2024. Salah satunya adalah mempersiapkan pembangunan sport centre untuk sarana dan prasarana olahraga menuju tuan rumah PON ke -21.

Ijeck menyampaikan, bahwa Gubsu Edy Rahmayadi sudah merencanakan pembangunan area sport centre di atas lahan seluas 200 hektar yang merupakan lahan eks HGU PTPN II. Dengan adanya sport centre, tidak hanya bermanfaat saat Sumut menjadi tuan rumah PON 2024, tetapi juga bisa nantinya dipercaya sebagai tuan rumah event-event berskala nasional maupun kejuaraan dunia.

Rapat anggota yang berlangsung selama tiga hari ini mengusung tema "Satu tekad mewujudkan Sumut Emas pada PON XX/2020 dan sukses PON XXI/2024.

sumber  : MB 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.