Header Ads

Menang Atas Crystal Palace, Liverpool Makin Mantap di Puncak Klasemen


LINTAS PUBLIK - INGGRIS, Menjamu Crystal Palace di Anfield, Sabtu (19/1/2019), Liverpool sempat tertinggal 0-1 di babak pertama. Namun di babak kedua, empat gol diciptakan Liverpool sedangkan tim tamu hanya bisa membuat dua gol membuat pertandingan berakhir dengan skor 4-3.

Andros Townsend menciptakan gol di babak pertama dan Salah membalas di menit awal babak kedua disusul dengan gol Firmino yang membuat Liverpool unggul. Sundulan Tomkins di menit ke-65 mengubah skor menjadi imbang 2-2 tapi Salah kembali memberikan keunggulan untuk tuan rumah.

Mohamed Salah setelah menciptakan gol untuk Liverpool (reuters)
Di waktu tambahan Mane sempat membuat tuan rumah unggul dua gol tapi sesaat kemudian Crystal Palace berhasil menipiskan ketinggalan berkat gol yang diciptakan Max Meyer.

Tuan rumah langsung menekan tamunya yang lebih memilih bertahan dan memanfaatkan peluang serangan balik. Taktik ini bertahan cukup baik dan Liverpool baru mendapat peluang di menit ke-13 saat Firmino mencoba dengan tendangan lengkung dari jarak 20 meter. Gawang Crystal Palace masih aman karena sepakan Firmino melayang di atasnya.

Pertahanan tim asuhan Roy Hodgson cukup solid karena baru menit ke-30 Liverpool mendapat peluang berikutnya. Tendangan pojok Milner diteruskan oleh Matip dengan sundulannya namun bola masih melebar. Sesaat kemudian, giliran sundulan Van Dijk yang kurang terarah dan masih bisa dimentahkan oleh kiper Speroni.

Serangan berbahaya pertama Crystal Palace berbuah gol di menit ke-34. Setelah berhasil melewati Miller, Zaha memberikan umpan silang yang kemudian diteruskan dengan baik oleh Townsend. 1-0 untuk Crystal Palace.

Setelah istirahat turun minum, Liverpool kembali menerapkan taktik menekan dan hanya perlu sekitar 60 detik dari peluit babak kedua dibunyikan, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan. Setelah tendangan keras Van Dijk berubah arah karena mengenai barisan pertahanan Crystal Palace, bola jatuh di depan Salah yang langsung mengirimkan ke gawang lawan. Imbang 1-1 di menit ke-47.

Kedudukan imbang tak bertahan lama. Tuan rumah unggul di menit ke-53. Berkat umpan Naby Kieta, Firmino berhasil mengirimkan bola ke gawang melewati Speroni yang tak mampu mengejarnya.

Tuan rumah yang mengendorkan tekanan membuat Crystal Palace berhasil mengejar ketinggalan. Tendangan pojok yang dilakukan oleh Milivojevic diteruskan dengan sundulan Tomkins. Alisson tak mampu menghentikan laju bola dan skor berubah 2-2.

Menit ke-75, Speroni membuat kesalahan fatal yang membuat timnya kembali tertinggal. Berawal dari sepakan Miller, Speroni berusaha membuang bola namun justru membuat bola melambung melewati kepalanya. Salah yang melihat peluang langsung meneruskan bola, memastikan terciptanya gol ketiga Liverpool. 3-2 untuk tuan rumah.

Satu menit jelang akhir waktu normal, Miller harus diusir wasit Jonathan Moss keluar lapangan. Pasalnya, Miller menjegal Zaha dengan kasar. Kartu kuning kedua untuk Miller yang membuatnya harus ke ruang ganti sebelum pertandingan usai.

Memasuki waktu tambahan, masing-masing tim meciptakan satu gol. Di menit ke-94, Mane berhasil menciptakan gol pertama di tahun 2019 setelah meneruskan umpan Robertson. 4-2 untuk Liverpool.

Crystal Palace berhasil mengejar ketinggalan di menit ke-96. Wickham memberikan umpan ke Meyer yang tak dijaga pertahanan Liverpool. Dengan mudah pemain yang menggantikan McArthur di menit ke-82, mengubah skor menjadi 4-3.

Kemenangan ini membuat Liverpool menjadi tim pertama yang mengumpulkan poin 60 sedangkan Crystal Palace masih berada di peringkat 14 dengan poin 22, hanya tiga poin di atas zona degradasi

Liverpool: Alisson; Milner, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Keita; Mane, Salah, Firmino
Subs: Mignolet, Moreno, Camacho, Lallana, Shaqiri, Origi, Sturridge

Crystal Palace: Speroni; Wan-Bissaka, Tomkins, Sakho, Van Aanholt; Milivojevic, Kouyate, McArthur, Townsend, Zaha, Ayew
Subs: Tupper, Kelly, Dann, Schlupp, Meyer, Wickham, Benteke

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.