Header Ads

Bila Terpilih Lagi, Jokowi Tambah Alokasi Dana Desa Jadi Rp400 Triliun


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Calon presiden Joko Widodo berjanji menambah alokasi dana desa jika menjadi Presiden periode 2019-2024. Sebenarnya dana desa bukan program baru.

Jokowi saat berpidato dalam Konvensi Rakyat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat. (ikbal)
Jokowi telah memulai program tersebut sejak sekitar empat tahun lalu. Empat tahun berjalan, Jokowi menyebut sudah menggelontorkan sebanyak Rp187 triliun. Dari dana desa tersebut, katanya, terbangun jalan desa dan jembatan dan infrastruktur desa lainnya.

“Empat tahun dana desa sudah mencapai Rp 187 triliun, jalan dan jembatan desa terbangun, air bersih, sanitasi meningkatkan ekonomi desa berkembang, pendapatan desa meningkat, pengangguran di desa turun,” ungkapnya.

Jokowi menekankan pentingnya dana desa. Menurutnya, sebagian besar penduduk Indonesia tinggal di pedesaan. Dengan adanya dana desa diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan melalui perekonomian desa yang lebih baik.

“Separuh penduduk Indonesia tinggal di desa dengan tingkat kemiskinan lebih tinggi dari perkotaan. Kita Sudah mulai program dana desa, membangun ekonomi desa, membangun konektivitas, membuka kesempatan kerja seluas luasnya di desa,” tandasnya.

Mengingat pentingnya dana desa, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun berjanji menambah alokasi dana desa pada lima tahun mendatang. Dana Rp400 triliun disiapkan sebagai dana desa.

“Lima tahun ke depan total dana desa akan mencapai Rp400 triliun,” ujar dia sambil menjamin dana desa akan diberikan lebih optimal dan merata ke seluruh desa.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.