Header Ads


Joel Bertahan Hidup karena Program JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Tidak terasa sejak 1 Januari 2014, BPJS Kesehatan hadir untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat. Sudah banyak masyarakat menjadi peserta JKN-KIS yang memanfaatkan pelayanan kesehatan, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL).

Hal ini diungkapkan Joel Haposan Sitanggang (38) bersama dengan istri dan anak-anaknya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dari segmen PPU saat ditemui dikediamannya di Mual Nauli, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Rabu (30/1/2019).

BACA JUGA  Peduli JKN-KIS untuk Indonesia, Klinik Sutra Medical Centre dapat Penghargaan dari BPJS

Joel Haposan Sitanggang (38) bersama anaknya.
“Saya divonis dokter pada Desember 2017 menderita gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah secara rutin 2 kali seminggu di RS Vita Insani Pematangsiantar,"ungkap Joel.

Sambungnya, sebelum menjadi peserta JKN-KIS, dirinya sudah banyak mengeluarkan biaya untuk pengobatannya sejak beberapa tahun lalu hingga ratusan juta rupiah yang uangnya didapat dari menjual harta bendanya seperti kendaraan.

“Saya bersyukur dengan adanya program JKN-KIS ini, karena saya tidak tau lagi kemana biaya yang akan saya cari untuk membiayai pengobatan saya ini,"ujar Joel.

Sampai saat ini, ia pun rutin menjalani cuci darah di RS Vita Insani dengan dijamin BPJS Kesehatan. Kini kondisinya mulai membaik tanpa harus mengkhawatirkan biaya karena dengan menjadi peserta JKN-KIS, biaya cuci darah tersebut sepenuhnya dijamin oleh BPJS Kesehatan.

“Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang menjadi peserta JKN-KIS telah rutin membayar iuran , karena dengan iuran yang mereka bayarkan itu saya dapat melaksanakan cuci darah tanpa dikenakan biaya apapun," tambah Joel.

Joel mengatakan bahwa Program JKN-KIS ini dapat berjalan dengan baik dan berkesinambungan harus adanya dukungan dari berbagai kalangan baik itu Pemerintah, Provider dan Masyarakat.

“Salah satunya yang paling penting adalah seluruh peserta yang selalu rutin membayar iuran JKN-KIS setiap bulannya,"terangnya.

Dalam kesempatan ini, Joel juga mengungkapkan harapannya terhadap program JKN-KIS agar program ini terus berkelanjutan dan terus memberikan pelayanan yang prima kepada peserta. Tidak lupa juga joel menghimabu kepada masyarakat yang belum mendaftar sebagai peserta JKN-KIS agar segera mendaftar.

Kemudian bagi yang menunggak agar segera membayar iuran karena program JKN-KIS memiliki banyak manfaat dan iuran yang dibayarkan membantu peserta lain yang membutuhkan.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.