Header Ads

Pengakuan Peserta JKN-KIS Tak Takut Untuk Berobat


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kesehatan adalah suatu hak dasar yang didapatkan oleh setiap orang dan semua orang berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, termasuk Ronaldo Nababan (14) seorang pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang baru pertama kali merasakan manfaat Kartu JKN-KIS sejak usia belianya.

Ronaldo yang ditemani Ibunya Elda Elfrida Situmorang (45) di Rumah Sakit Tentara Kota Pematangsiantar menceritakan pengalaman pertamanya kepada wartawan pada Rabu lalu (13/2/2019).


Elfrida mengatakan bahwa keluarga mereka terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sejak Tahun 2017 dari segmen PBI APBN. Sehingga dengan adanya kartu tersebut membuat Elfrida tidak perlu takut membawa anaknya untuk berobat karena semua biayanya akan di cover oleh BPJS Kesehatan.

“Awalnya anak saya merasakan yang amat sakit di bagian pinggang, kemudian saya khawatir jika sakitnya akan parah, akhirnya saya membawanya periksa di Puskesmas Pane Tongah, Kabupaten Simalungun.

Karena dari Puskesmas setempat merasa perlu dilakukan tindakan lebih lanjut, kami pun diberi rujukan ke Rumah Sakit Tentara Kota Pematangsiantar untuk ditangani oleh Dokter Spesialis Anak dan divonis menderita penyakit Sindrom Nephrotic. Puji Tuhan setelah diperiksa oleh Dokter kondisi anak saya terus membaik. Pelayanan di rumah sakit ini juga sangat baik. Saya dilayani dengan cepat, petugasnya pun sigap dan tahu apa yang saya butuhkan. Selain itu, semua biaya pengobatan saya dijamin JKN-KIS,” kata Elfrida.

Elfrida juga menyampaikan rasa terima kasih atas pelayanan yang diterima selama anaknya dirawat di rumah sakit. Ia juga berharap program JKN-KIS terus ada dan semakin menumbuhkan rasa sadar masyarakat akan pentingnya bergotong royong dalam kesehatan yang menjadi prinsip program JKN-KIS.

“Terima kasih atas Program JKN-KIS. Kami benar-benar sangat terbantu. Pelayanan petugas di rumah sakit ini ramah dan baik sekali, kami mendapat penanganan dengan cepat dan sangat memuaskan. Prosesnya tidak berbelit-belit sama sekali.

Saya sangat berharap ke depannya Program JKN-KIS dapat terus berjalan lancar seperti saat sekarang, sehingga setiap peserta yang memanfaatkannya tidak perlu khawatir untuk memikirkan kemana mencari biaya untuk berobat. Program ini menolong semua lapisan masyarakat, baik yang mampu maupun yang tidak mampu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Sangat bermanfaat sekali,” tutup Elfrida.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.