Header Ads

Siantar Touring Club Kunjungi Istana Raja Sisingamagaraja, Ini Harapannya


LINTAS PUBLIK - BAKARA, Melestrikan dan cinta budaya,  Siantar Touring Club (STC) kunjungi Cagar Budaya Istana Sisingamagaraja di Bakara kabupaten Humbang Hasudutan.

Diistana Sisingamagaraja inilah tempat lahir Pahlawan nasional berdarah batak Raja Sisingamangaraja ke XII, ditempat ini pula dimakamkan Raja Sisingamangaraja pertama (I) sampai ke XI.

BACA JUGA  Cinta Danau Toba, Siantar Touring Club (STC) Jelajah Danau Toba

Rombongan Siantar Touring Club (STC) di  Istana Sisingamagaraja di Bakara.
"Inilah tempat lahir Sisingamangaraja XI, dan disini dimakamkan Sisingamangaraja pertama sampai ke sebelas,"kata  Markoni Sinambela, keturunan Sisingamaraja generasi ke-15 di
Huta Bakara, Desa Lumban Raja kecamatan Bakti Raja kabupaten Humbang Hasudutan, Minggu (24/2/2019).

Markoni Sinambela juga menjelaskan asal mula Bakti Raja ini adalah persatuan desa-desa yaitu desa Bakara, desa Tipang, dan Janji Raja.

"Asal mula nama Bakti Raja adalah desa Bakara, desa Tipang, dan Janji Raja, semoga dengan lestarinya istana Sisingamagaraja ini generasi bangsa khususnya orang batak dapat meneruskan perjuangan Sisingamagaraja dalam mempertahankan budaya dan tanah batak dapat terus dipertahankan,'katanya.

BACA JUGA  Makam Pahlawan Sidamdam tidak Terawat, Ini Nama 9 Pahlawan di Samosir Itu

Siantar Touring Club (STC) kunjungi Cagar Budaya Istana Sisingamagaraja di Bakara kabupaten Humbang Hasudutan.
Frans Sibarani ketua STC yang datang mengunjungi istana Sisingamaraja bersama 12 orang rombongan sangat berterimakasih melihat istana Sisingamaraja tetap dilestarikan, dirawat dan dipertahankan.

"Semoga peninggalan sejarah ini menjadi penyemangat kita genarasi bangsa untuk memperjuangankan tanah leluhur, dan budaya batak,"ujar Frans Sibarani.

BACA JUGA  Memancarkan Cahaya, Ayo Lihat Keindahan Danau Toba dari Tugu Aritonang

 Markoni Sinambela, generasi ke-15 Raja Sisingamaraja bersama Tagor Sitohang,SH.
Dalam kesempatan itu Tagor Sitohang pengagas berdirinya Siantar Touring Club menambahkan, STC didirikan guna mempererat kebersamaan sesama anak Siantar yang mencintai Budaya, keindahan alam di Danau Toba dan pariwisata di Sumatera Utara.

"Semoga keberadaan Siantar Touring Club yang selalu mengeksplore keindahan alam Danau Toba dan budaya didalamnya dapat menumbuhkan semangat melestarikan budaya Nusantara, khususnya budaya batak dan keindahan alam Danau Toba dan Pariwisata di Sumatera Utara. Ayo kita lestarikan budaya batak dan Danau Toba,"ajak Tagor Sitohang agar pengunjung dapat menjaga kelestarian dan keindahan alam Danau Toba.

"Saya harap para pelaku usaha yang ada di sekitaran Danau Toba tetap ramah untuk melayani pengunjung,"ungkapnya.




Penulis  : tagor
Editor   : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.