Header Ads

Luar Biasa, Menang 4-1 Ajax Singkirkan Real Madrid


LINTAS PUBLIK - SPANYOL, Luar biasa, Ajax Amsterdam mampu melumat Real Madrid 4-1 di Santiago Bernabeu, Spanyol pada laga leg kedua babak 16 Liga Champions, Rabu (6/3/2109) dinihari WIB.

Dengan demikian Ajax menyingkirkan sang juara bertahan, dan wakil dari Belanda ini melaju ke perempat final karena unggul secara agregat 5-2. Sebelumnya pada leg pertama di kandang Ajax, Real Madrid mampu menang 2-1.

Real Madrid tersingkir tentu ini di luar dugaan. Soalnya Real Madrid sebetulnya hanya bermain seri atau kalah 0-1 saja masih bisa lolos.

Pemain-pemain Ajax Amsterdam rayakan kemenangan telak atas Real Madrid (reuters)
Nyatanya Ajax mampu mencetak empat gol masing lewat gol H. Ziyech menit ketujuh, gol David Neres menit ke-18 gol D. Tadić menit ke-62 dan gol L. Schöne menit ke-72. Adapun gol balasan tuan rumah dicetak oleh Marco Asensio menit ke-70.
Tidak itu saya Nacho bek Real Madrid harus diusir wasit keluar lapangan karena menerima kartu kuning kedua pada masa injury time babak kedua tepatnya menit ke-90 +3.

Kemenangan ini Ajax memang sudah terasa karena langsung berhasil mencetak gol cepat lewat
tendangan kaki kiri Hakim Ziyech usai menerima umpan dari Dusan Tadic.

Gol itu menambah semangat pemain-pemain Ajax dan menit ke-18 mampu mengagandakannya.
Lagi-lagi Dusan Tadic jadi arsitek gol kedua ini setelah dia melepas umpan terobosan ke kotak penalti lalu disambar David Neres dengan tembakan kaki kanan dan tidak bisa dijangkau kiper Courtois.
Unggul 2-0 tentu sudah mampu membawa Ajax lolos, namun mereka tidak ingin lengah dan terus memperketat pertahanan lantaran Los Blancos langsung tesengat dan berusaha meningkatkan tekanan.

Seperti menit ke-41 Real Madrid nyaris memperkecil kekalahan ketika Marco Asensio melepaskan tembakan dengan kaki kiri usai menerima assist dari Gareth Bale sayang masih bisa diblok kiper Ajax, Onana dan hanya melahirkan tendangan sudut.

Toni Kross yang mengambil tendangan sudut melepaskan umpan ke kotak penalti yang disambar dengan kaki kiri Gareth Bale sayang bola masih membentur tiang gawang Ajax. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 2-0.

Memasuki babak kedua Real Madrid yang ingin mencari gol agar bisa lolos terus menekan pertahanan tim tamu.

Menit ke-48 giliran usaha Luka Modric lewat tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper lawan.

Madrid terus menggempur Ajax juga lewat Karim Benzema, namun segala usaha mereka sia-sia dan justru Ajax yang mampu menambah gol.

Lewat serangan balik, Donny van de Beek melepas umpan kepada Dusan Tadic dan nama terakhir dengan tenang lewat kaki kiri mampu menjebol Real Madrid.

Los Blancos sempat membuka harapan lewat gol Asensio menit ke-70. Gol berawal dari umpan Daniel Carvajal kepada Asensio. Pemain timnas Spanyol itu lalu melepaskan tembakan namun masih bisa dihalau pemain Ajax.

Bola rebound mengarah kepada Sergio Reguilón yang kemudian menyodorkannya lagi ke Asensio lalu dengan kaki kirinya kali ini mampu menjebol gawang Onana.

Ternyata dua menit kemudian Ajax kembali mencetak gol lewat tendangan bebas cantik yang dilakukan oleh Lasse Schöne . Bola yang meluncur ke arah sudut kanan atas gawang tidak bisa dijangkau Courtois.

Tertinggal 1-4 tentu semakin sulit bagi Real Madrid karena harus mampu mencetak tiga gol agar bisa lolos. Padahal waktu normal tinggal 18 menit.

Meski demikian segala usaha tetap dilakukan Madrid untuk mencari gol sebab tidak ada yang mustahil di sepak bola. Hanya saja segala usaha mereka sia-sia. Bahkan justru Nacho diusir wasit dari lapangan karena melakukan pelanggaran berat kepada pemain Ajax.

Kekalahan ini tentu sangat menyakitkan kepada sang juara bertahan yang sebelumnya mampu menciptakan sejarah empat kali berturut-turut pemilik trofi Liga Champions.

Kekalahan ini juga secara tidak langsung menghukum kapten tim Sergio Ramos yang kali ini tidak bisa tampil karena dengan sengaja pada laga leg pertama melanggar pemain Ajax agar mendapat kartu kuning.

Hal itu dilakukan Ramos agar tidak bisa tampil di leg kedua saat menjamu Ajax karena yakin mudah mengatasi wakil Belanda itu. Nyatanya justru terbalik yang ada Real Madrid dibuat babak belur di depan pendukung sendiri.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.