Header Ads

HPN Tingkat Sumut, PWI Gelar Rangkaian Acara


LINTAS PUBLIK-MEDAN, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Sumut.

Demikian Ketua PWI Sumut H Hermansjah usai rapat Panitia HPN 2019 tingkat Sumut di Kantor PWI Sumut Jalan Adinegoro, Medan, akhir pekan lalu. Hadir pada rapat tersebut, Sekretaris PWI Sumut Edward Thaher, Wakil Ketua Bidang Kerja Sama, Agus S Lubis, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Edy Sormin, Wakil Sekretaris Jalaluddin, unsur Panitia HPN 2019 Tingkat Sumut, Ketua Rifky Warisan, Sekretaris Zul Marbun, Bendahara Rizal R Surya dan lainnya.

BACA JUGA  Kata Kapolres Simalungun Tentang UKW dan Peran Wartawan

Dewan Pers, PWI Pusat dan PWI Sumut melaksanakan Ujian Kopetensi wartawan (UKW) 21 November 2018 di Parapat 
Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan ujian penerimaan calon anggota muda dan kenaikan tingkat pada Sabtu, 27 April 2019. Selanjunya puncak kegiatan pada Minggu, 28 April 2019.

“Puncak kegiatan berupa jalan sehat, peresmian renovasi Gedung PWI Sumut dan resepsi,” ujar Hermansjah.

Dijelaskan, ujian penerimaan baik untuk calon anggota muda maupun kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa.

“Penerimaan ini untuk tahap I. Selanjutnya PWI Sumut akan melakukan ujian penerimaan tahap II dan III,” ujarnya.


Persyaratan menjadi calon anggota muda:

1. Mengisi formulir pendaftaran.

2. Bekerja pada media yang berbadan hukum PT, yayasan atau koperasi.

3. Melampirkan fotokopi ijazah S-1 atau khusus bagi yang sudah lulus uji kompetensi wartawan (UKW) lampirkan fotokopi kartu UKW serta ijazah cukup SMA sederajat

4. Berusia maksimal 40 tahun

Persyaratan naik tingkat atau menjadi anggota biasa:

1. Mengisi formulir pendaftaran.

2. Bekerja pada media yang berbadan hukum PT, yayasan atau koperasi.

3. Telah menjadi anggota muda lebih dari dua tahun (fotokopi kartu anggota muda).

4. Telah lulus UKW (fotokopi kartu UKW).

Bagi yang berada di daerah (luar Kota Medan) pendaftaran melalui PWI kabupaten/kota setempat.
Menurut Hermansjah penerimaan ini penting karena terkait dengan UKW.

“Ke depan untuk mengikuti UKW harus terlebih dahulu menjadi anggota PWI. Jadi apabila ingin mengikuti UKW harus menjadi anggota PWI Sumut dahulu,” tegasnya.

Mengenai puncak HPN 2019, Rifky menjelaskan, kegiatan dipusatkan di Gedung PWI Parada Harahap Jalan Adinegoro, Medan pada Minggu (28/4). Kegiatan pertama berupa jalan sehat yang diperkirakan diikuti 1000 peserta yang terdiri dari wartawan anggota PWI, keluarga dan mitra kerja. Rute yang ditempuh dari Gedung PWI menuju Jalan Perintis Kemerdekaan berbelok ke Jalan Durian. Dari Jalan Durian berbelok ke Jalan Prof M Yamin. Selanjutnya ke Jalan Sutomo masuk ke Jalan Perintis Kemdekaan dan berakhir di Gedung PWI Sumut.

Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis langsung ke Kantor PWI Sumut dengan Debi atau Ahmad. Pendaftar akan mendapatkan kupon snack, makan siang dan lucky draw.

Dijelaskan, setelah penarikan lucky draw acara dilanjutkan dengan peresmian renovasi Gedung PWI Sumut.

“Bapak Gubsu Edy Rahmayadi akan mengunting pita sebagai peresmian renovasi gedung,” ujarnya.

Menurut Rifky, puncak HPN 2019 Tingkat Sumut akan diisi dengan resepsi. Selain gubernur, Ketua Umum PWI Pusat H Atal S Depari akan hadir serta pejabat di daerah ini dan mitra kerja PWI.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.