Header Ads

Situs Diduga Peninggalan Sangkuriang Ditemukan di Jatiluhur Purwakarta


LINTAS PUBLIK - PURWAKARTA,  Situs bersejarah diyakini peninggalan Sangkuriang ditemukan di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat . Situs yang ditemukan tepat di seberang Waduk Jatiluhur itu, berbentuk benteng keraton.

Masyarakat seberang Waduk Jatiluhurmenemukan situs bersejarah diyakini peninggalan Sangkuriang.
Kades Kutamanah Maman Surahman menjelaskan, situs berupa bebatuan berundak itu ditemukan oleh masyarakat tahun 2018.

Saat itu masyarakat akan membuka lahan di sekitar ditemukannya situs tersebut untuk dijadikan pertanian. Namun saat membabat leuweung masyarakat terkejut menemukan bebatuan tertumpuk memanjang. “Bebatuan itu menyerupai benteng pertahanan,” ungkapnya, Selasa (9/4/2019).

Pada sebulan terakhir ini, sebut dia, lahan tersebut kembali digali oleh aparat desa setempat bersama warga. Hasilnya cukup mengejutkan. Benteng itu cukup panjang.

Maman meyakini situs yang ditemukan di wilayajnya peninggalan sejarah. “Cerita leluhur di sini dulu legenda Sangkuriang-Dayung Sumbi,” ungkap.

Namun untuk memastikan hal itu perlu dipenelitian ahli. “Sayangnya sampai saat ini belum ada tim peneliti dari arkeolog atau pemkab setempat turun memeriksa situs ini,”pungkasnya.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.