Header Ads


Erupsi Gunung Sinabung Berimbas ke Simalungun, Ini Kecamatan yang Berdampak


LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN, Gunung Sinabung yang ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak, Selasa (7/5) sekitar pukul 07.48 WIB.

Erupsinya Gunung Sinabung berimbas sampai ke kabupaten Simalungun, tepatnya di Pematang Raya

BACA JUGA  Video Erupsi Gunung Sinabung

Sepeda motor parkir terkena abu vulkinik di Pematang Raya
Lidia boru Saragih warga Pematang Raya di temui media ini di lahan pertaniannya mengatakan, memilih lebih cepat  pulang kerumah karena banyaknya abu dilahan pertaniannya.

"Banyak abu, dan penglihatan terganggu, nafas pun agak sesak, jadi pulanglah kerumah,"kata Boru Saragih berbahasa Simalungun.

Sementara Muda Alam Purba Kadis BBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Simalungun mengatakan ada beberapa kecamatan yang terimbas erupsinya Gunung Sinabung.

" Ini bukan pertama kali terjadi Simalungun terkena abu erupsi Sinabung, ada beberapa kecamatan di simalungun yang terdapakan diantaranya kecamatan Silimakuta, kecamatan Purba dan kecamatan Raya."jelas Muda Alam akan dengan Pemkab Karo untuk mengetahui perkembangannya erupsi Gunung Sinabung.

Jhon Rido Damanik sekertaris dinas kesehatan tanggapan sejauh mana dampak kesehatan terhadap erupsi Gunug Sinabung, Jhon Rido menjelaskan bahwa berdampak akan menganggu kesehatan.

" Abu vulkanik sangat bahaya untuk kesehatan, dan mengakibatkan sesak pernapasan,  terlebih kepada anak anak. Dinas kesehatan akan mengantisipasi dengan membagi-bagikan masker kepada masyarakat.' ujar jhon

Penulis : robin
Editor   : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.