Header Ads


Gebuk Liverpool 0-3 Satu Kaki Barcelona di Final Liga Champions


SPANYOL– Satu kaki Barcelona sudah di final Liga Champions setelah mampu menang telak 3-0 atas Liverpool pada laga leg pertama semifinal di Camp Nou, Spanyol Kamis (2/5/2019) dinihari WIB.

Ketiga gol tuan rumah dicetak oleh Luis Suarez menit ke-26 dan gol Lionel Messi menit ke-75 dan menit ke-82.

Berkat kemenangan ini Barca tinggal selangkah lagi menuju final melawan pemenangan antara Ajax dan Tottenham Hotspur.

Lionel Messi dan Suarez rayakan gol ke gawang Liverpool 
Leg kedua akan digelar di Anfield kandang Liverpool 8 Mei nanti. Tentu jika ingin lolos, The Reds harus unggul minimal 4-0, hal yang sangat sulit dilakukan oleh anak asuh Jurgen Klopp itu.

Memang tidak mudah bagi Barcelona menundukkan Liverpool meski bermain di kandang. Bahkan awal babak kedua justru mereka ditekan, hanya saja kepiawian Ter Stegen di bawah mistar gawang membawa Blaugrana terhindar dari kebobolan.

Barcelona langsung menekan sejak menit awal namun dibalas oleh Liverpool. Pemain-pemain Liverpool benar-benar tidak gentar menghadapi Barca di Camp Nou yang terkenal angker bagi lawan.

Pemain geladang Liverpool, Keita pada menit ke-22 harus ditarik keluar setelah mengalami cidera ketika berebut bola dengan Ivan Rakitic. Keita digantikan Henderson.
Menit ke-26 akhirnya Barcelona mampu mencetak gol. Berawal dari serbuan Blaugrana dari sisi kanan lalu bola dikirim ke Jordi Alba yang ada di kiri. Bek Barcelona itu lalu menendang bola ke kotak penalti yang disambut dengan sekali sentuh oleh Suarez sehingga gawang Alisson jebol.

Suarez melakukan seleberasi atas gol ke bekas klubnya itu yang kemudian disambut rekan-rekannya.

Setelah gol itu Liverpool justru mengancam pertahanan Barca. Seperti pada menit ke-35 mendapat umpan silang jauh dari sisi kanan, Mane menyambut bola tepat di titik putih, namun sontekannya masih melambung ke atas gawang Ter Stegen.

Di ujung laga babak pertama Barca nyaris menambah gol. Countinho yang mendapat umpan terobosan di kotak penalti, namun ketika dia akan melakukan tendangan voli justru diganggu oleh Van Dijk yang membuatnya terjatuh. Ia berharap mendapat penalti namun wasit tidak menanggapinya. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0.

Memasuki babak kedua Liverpool langsung menyerbu pertahanan Tim Catalan itu. Hampir 10 menit Barca dipaksa bertahan.

Messi yang yang kali ini mampu dimatikan oleh Virgil van Dijk bahkan harus turun ke bawah ikut bertahan.

Menit ke-53 Liverpool nyaris menyamakan kedudukan. Mohamed Salah melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti, namun bola yang mengarah ke pojok tiang jauh berhasil ditepis dengan sangat hebat oleh Ter Stegen.

Ancaman Liverpool belum berakhit, menit ke-59 lagi-lagi Ter Stegen menunjukkan kehebatannya. Berawal dari usaha Salah mengirim umpan tarik dari sisi kanan kepada, Wijnaldum. Lewat lututnya Wijnaldum memberi umpan kepada Milner yang lalu melepaskan tembakan keras dan dengan sigap berhasil ditangkap Ter Stegen.

Barca berusaha keluar dari tekanan. Liverpool yang mulai keasyikan mencari gol penyeimbang mulai lengah atas Messi.

Menit ke-75 akhirnya sang mega bintang Barcelona itu mencetak gol. Berawal dari serbuan lewat serangan balik. Messi mengoper bola ke kotak penalti Liverpool yang disambut oleh Sergio Roberto.

Bek Barcelona itu berusaha menendang bola namun ditepis oleh kiper Liverpool. Bola mengarah kepada Suarez yang lalu melepaskan tembakan keras. Bola mengenai mistar gawang yang kemudian disambut oleh Messi dengan dadanya dan dengan pelan pemain asal Argentina itu menjebol gawang Alisson yang sudah kosong.

Unggul 2-0 membuat Barca kian nyaman. Mereka berbalik mendikte permainan. Dan menit ke-82 Messi mencetak gol keduanya pada laga ini.

Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Fabinho terhadap Messi beberapa meter dari luar kotak penalti.

Messi lalu mengesekusi tendangan bebas itu lewat kaki kirinya. Bola meluncur deras ke pojok atas kanan gawang dan tak mampu digapai oleh Alisson.

Unggul 3-0 membuat Barca mengendorkan permainan. Dan ini dimanfaatkan oleh Liverpool untuk mencari gol.
Menit ke-84 Liverpool nyaris memperkecil kekalahan. Firmino melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun dua pemain Barcelona berhasil menyapu bola tepat di garis gawang.

Bola liar jatuh di kaki Salah yang langsung menendang bola dari jarak dekat, namun bola malah menghamtam mistar gawang.

Barcelona berbalik mengancam. Tepat pada menit ke-90′ + 5 Barcelona membuang peluang ketika Alena yang baru masuk menguasai bola dan memberikan umpan kepada Dembele yang mengeksekusinya. Sayang sepakannya masih ke atas gawang Liverpool.

Bahkan ketika laga akan berakhir lagi-lagi Dembele membuang peluang. Lewat skema sarangan balik Messi dari dalam kotak penalti memberikan umpan kepada Dembele, yang berdiri bebas tanpa kawalan di titik putih, sayang sepakan pemain yang masuk menggantikan Suarez masih lemah dan malah mengarah tepat kepada Alisson. Barca pun unggul 3-0 hingga wasit meniup pluit.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.