Header Ads

Hanya Dua Menteri Jokowi yang Lolos Jadi Anggota DPR RI


LINTAS PUBLIK - JAKARTA,  Dari enam menteri di Kabinet Kerja pimpinan Jokowi, hanya dua orang yang diprediksi bakal lolos menjadi anggota DPR lewat Pileg 2019. Kedua menteri itu berasal dari PDI Perjuangan. Sedangkan yang gagal, tiga menteri dari PKB, dan satu dari PPP.

Dua menteri yang diprediksi lolos menjadi anggota DPR 2019-2024 adalah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang ikut pemilihan di Dapil Sumatera I, dan Menko Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, di dapil Jawa Tengah V.

Menkumham Yasonna H. Laoly
Menko Puan Maharani sejauh ini telah berkali-kali menjadi caleg untuk dapil tersebut. Kali ini ia langsung mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Dapil Jawa Tengah V yang meliputi Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

“Kan saya sudah hampir tiga kali jadi caleg di dapil tersebut, ya alhamdulillah mungkin masyarakat di sana sudah cukup mengenal saya. Terima kasih sudah memilih saya,” kata Puan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Meski optimis lolos, Puan enggan mengungkapkan perolehan suaranya berdasarkan penghitungan suara sementara. Ia mengaku, masih menunggu pengumuman resmi dari Komisi Pemilihan Umum pada 22 Mei nanti.

Ada pun Menteri Yasonna Laoly mengatakan, berdasarkan penghitungan suara sementara ia sudah mengantongi lebih dari 100.000 suara. Suara itu diyakini sudah cukup untuk mengantarnya ke Senayan sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

“Ya sofar so good. Sudah diprediksi lah kira-kira begitu. Sudah lolos lah,” kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ada pun tiga menteri yang diprediksi gagal ke Senyayan dari PKB adalah Hanif Dhakiri (Menteri Tenaga Kerja) Imam Nahrawi (Menteri Pemuda dan Olahraga) dan Eko Putro Sandjojo Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Satu lagi menteri, yakni Lukman Hakim Syaifuddin (Menteri Agama) dari PPP.

Sejauh ini tiga menteri tersebut oleh PKB dipasang di Dapil keras, Hanif Dhakiri (Dapil Jabar VI yang meliputi Depok dan Bekasi), Imam Nahrawi (Dapil DKI 1) dan Eko Putro Sandjojo (Dapil Bengkulu).

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.