Header Ads

Harga Tiket Rp 21 Juta Ini Penjelasan Garuda


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Heboh harga tiket pesawat Bandung-Medan Rp21 juta, maskapai Garuda Indonesia mengklarifikasi bahwa harga tersebut pemesannya melalui travel online.

Menurut pihak Garuda mereka menjual tiket penerbangan Jakarta – Medan sebesar Rp 2.1 juta dan itu masih sesuai tarif batas atas yang ditetapkan pemerintah.

ilustrasi
VP. Corporate Secretary, M. Ikhsan Rosan menjelaskan harga tersebut merupakan tiket bukan penerbangan langsung tapi transit ke banyak kota yaitu Bandung – Denpasar – Jakarta – Kualanamu dan memutar jauh sehingga harganya menjadi mahal. Bukan penerbangan langsung.

Sebab Garuda Indonesia sendiri tidak punya rute Bandung – Medan.

Oleh karenanya Ikhsan mengimbau masyarakat agar lebih cermat bila bertransaksi di online travel dan perlu melihat detail rute dan transit yang ditawarkan oleh sistem pencari.

Karena sistem akan mencari rute seat yg available walaupun terlalu banyak transit, memutar jauh dan melibatkan banyak maskapai penerbangan sehingga harga yang muncul terlalu mahal.

“Seluruh rute penerbangan Garuda Indonesia mengimplementasikan harga tiket yang mengacu kepada tarif batas atas yang ditentukan oleh Pemerintah,” tutur Ikhsan.

Sebelumnya harga tiket kelas bisnis dari Bandung ke Medan bikin heboh. Di laman Travel online terbesar harganya sampai Rp 21.920.800.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono menjelaskan pihaknya sudah mulai berkoordinasi dengan agen travel online tersebut.

“Kita sedang berkoordinasi untuk menetralisir karena itu memang masalahnya di agen travel online kan. Kami akan berkoordinasi,” ujarnya Rabu malam (29/5/2019).

Dia mengingatkan agar masyarakat yang membeli tiket secara online berhati-hati. Pasalnya di agen travel online ada juga tiket pesawat yang dijual dengan transit ke beberapa kota sehingga harganya berlipat ganda sesuai jarak tempuh yang singgahinya dengan perhitungan tarif beberapa kali penerbangan.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.