Header Ads

10 Negara Paling Tidak Aman di Dunia


LINTAS PUBLIK - MOSKOW, Sebuah badan bernama Vision of Humanity mengeluarkan 'Global Peace Index'. Apa saja negara-negara yang tidak aman di dunia?

Islandia menjadi juara bertahan selama bertahun-tahun. Posisi pertama disabet Islandia sejak tahun 2017, 2018 dan tahun 2019 ini. Disusul dengan Selandia Baru, yang sama-sama menjadi juara bertahan di posisi ke-2.

St Petersburg di Rusia
Negara Eropa pun mendominasi di 10 posisi pertama. Seperti Islandia (1), Portugal (3), Austria (4), Denmark (5), Slovenia (8), dan Republik Ceko (10). Lalu, bagaimana dengan posisi 10 terakhir dengan tingkat kedamaian yang rendah?


Dirangkum detikcom dari laman resminya, Senin (24/6/2019) ada 3 aspek penilaian yang jadi acuan utama. Yakni Yakni konflik domestik dan internasional yang sedang dialami negara tersebut, pengamanan sosial serta faktor militer.

Dari 3 aspek tersebut, bercabang ke berbagai faktor yang lebih luas. Seperti jumlah konflik internal dan eksternal, kematian yang dialami akibat kejadian, kriminalitas, kondisi politik, personil militer, dan penjagaan negara.

Hasilnya, Afghanistan menduduki posisi 163 dari jumlah total 163 yang dinilai. Posisi Afghanistan turun 1 peringkat dari tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Inilah 15 Negara Paling Damai & Aman di Dunia

Selanjutnya, di posisi ke-162 diduduki oleh Suriah, dilanjutkan oleh Sudan Selatan (161) dan Yaman di posisi ke-160.

Bukan hanya negara Timur Tengah, tetapi negara di Afrika juga mendominasi peringkat 10 ke bawah. Seperti Somalia, Central Africa dan Kongo.

Berikut selengkapnya, negara paling tidak aman dan damai versi Global Peace Index 2019:

1. Afghanistan
2. Suriah
3. Sudan Selatan
4. Yaman
5. Irak
6. Somalia
7. Central Africa Republic
8. Libya
9. Republik Congo
10. Rusia

sumber   : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.