Header Ads

Saling Membantu Lewat Program JKN-KIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Tidak terasa sudah lima tahun program JKN KIS hadir untuk memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat dan tentunya sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program ini. Salah satunya manfaat yang dirasakan oleh Putri Eka Kartika biasa disapa dengan Putri (37). Putri adalah salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas I, yang kesehariannya adalah berprofesi sebagai dokter di salah satu rumah sakit pemerintah di wilayah Kabupaten Simalungun.


Putri ketika ditemui di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar beberapa pekan lalu pasca menjalani operasi caesar yang telah dijalani menceritakan pengalamannya selama menjalani perawatan menggunakan kartu JKN-KIS.

“Hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) ini sangat membantu masyarakat dalam hal mendapatkan pelayanan kesehatan, khususnya bagi kaum ibu-ibu yang mau melahirkan dengan di operasi karena tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar jika harus membayar, tapi sekarang dengan adanya program Kartu JKN-KIS saya tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menjalani operasi ini” ungkap Putri.

Putri juga menyampaikan bahwa tidak ada hambatan yang dialami saat menggunakan Kartu JKN-KIS. Semua berjalan dengan baik dan pelayanan juga sangat baik, asalkan menggunakan kartu JKN-KIS sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Putri juga berharap program seperti ini agar terus menerus ada dan juga terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta serta memberikan inovasi agar program ini terus berkembang dengan baik. Untuk itu masyarakat yang belum mendaftar agar segera untuk mendaftar, karena dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, maka sudah ada jaminan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dengan gratis.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan Program JKN-KIS ini, dan harapan saya semoga saja secepatnya seluruh masyarakat Indonesia terdaftar sebagai Peserta JKN KIS atau biasa yang disebut dengan Universal Health Coverage (UHC),"kata Putri yang memiliki tiga orang anak ini.

“Saya berharap juga, agar masyarakat yang sudah terdaftar jangan lupa untuk rutin membayar iuran JKN-KIS dengan tepat waktu. Karena prinsip dari program ini kan gotong royong, jadi dengan membayar iuran itu dapat membantu saudara-saudara kita lainnya yang sedang menjalani perawatan. Jadi dengan membayar iuran itu sudah sebagai bentuk dukungan peserta untuk menjaga kesinambungan program yang mulia ini," tutup Putri.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.