Header Ads

Vihara Vajra Bumi Simalungun Diresmikan, Wakil Walikota : Bukti Keberagaman Umat


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Vihara Vajra Bumi Simalungun yang telah lama berdiri, diresmikan Selasa (18/6/2019) malam, di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Cokroaminoto, Kelurahan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar.

Peresmian Vihara ditandai pemotongan nasi tumpeng oleh Wakil Walikota Pematangsiantar, Togar Sitorus SE MM, didampingi Kapolres AKBP Heribertus Ompusunggu SIK.

Turut juga anggota DPRD Pematangsiantar OW Hery Dharmawan, mewakili Kakan Kemenag, dan Camat Siantar Timur, serta beberapa pengurus yayasan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA  HUT Group Anak Siantar ke-3, GAS Adakan Donor Darah dan Berbagi Kasih


Togar Sitorus dalam sambutannya mengatakan, Kota Pematangsiantar adalah kota yang majemuk dan terkenal dengan tingkat toleransi sangat tinggi. Karenanya, diharapkan kepada umat Buddha yang di Kota Pematangsiantar untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga kerukunan dengan sesama, terutama kepada umat beragama lain.

Togar Sitorus menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kehadiran Vihara Vajra Bumi Simalungun.

"Berdirinya vihara merupakan salah satu bukti keberagaman umat beragama serta salah satu bukti ketoleransian di Kota Pematangsiantar," katanya.

Masih kata Togar Sitorus, Pemerintah Kota Pematangsiantar terus dan tak henti-hentinya berupaya meningkatkan pembangunan di berbagai bidang.

"Untuk itu saya minta kepada masyarakat umat Buddha agar dapat juga sepenuhnya mendukung program dan pembangunan yang ada di Kota Pematangsiantar. Sehingga apa yang kita harapkan nantinya dapat terwujud untuk menjadikan Kota Pematangsiantar yang Semakin Mantap, Maju, dan Jaya," sebutnya.

Sementara itu, OW Hery Dharmawan mengatakan, peresmian Vihara Vajra Bumi Simalungun memiliki arti bahwa rumah ibadah dibangun untuk memenuhi kebutuhan umat manusia dari sisi spiritualnya. Juga untuk interaksi antara umat manusia dengan manusia, manusia dengan para suci bagi umat Buddha, terutama bagi umat Buddha yang berada di Pematangsiantar.

Tempat ibadah, lanjutnya, tidak hanya berperan sebagai pusat ibadah. Namun juga sebagai pusat perkembangan kualitas umat manusia. Dengan demikian, tugas-tugas pelayanan yang semakin besar menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Semoga perbuatan baik yang kita lakukan akan menghasilkan manfaat yang tak terhingga untuk keluarga yang harmonis, pekerjaan yang selalu sukses, kesehatan, kedamaian, dan kebahagiaan, sesuai dengan ajaran Buddha, yaitu apa yang kita tabur pasti akan kita tuai," kata OW Hery Dharmawan.

Sebelumnya, Sudi Sampurna yang juga panitia peresmian dan pengurus Vihara Vajra Bumi Simalungun melaporkan, vihara tersebut telah berdiri lama. Tujuan berdirinya vihara, katanya, untuk mendidik pribadi dan budi pekerti generasi muda. Sekaligus sebagai sarana untuk memupuk persaudaraan antara sesama umat beragama khususnya umat beragama Buddha.

"Semoga peresmian vihara ini dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, khususnya umat Buddha," sebutnya, seraya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan perhatian serta dukungan Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM dan Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu SIK, dan anggota DPRD OW Hery Dharmawan.

"Itu suatu kehormatan bagi umat Buddha dan kami selaku panitia dan pengurus Vihara Vajra Bumi Simalungun," pungkasnya.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.