Header Ads

Bakal Jadi Pasukan Khusus, Jangan Pandang Sebelah Mata pada Linmas


PURWAKARTA – Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat (Linmas) Satpol PP Purwakarta, Bayu Permadi, akan memanfaatkan keberadaan linmas sebagai pasukan khusus untuk menjaga keamanan dilingkungan wilayahnya.


“Kita sengaja membentuk pasukan khusus Linmas agar keberadaannya memiliki peran dalam menjaga ketertiban umum. Untuk itu, nanti kita bekali juga pelatihan khusus,” ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengubah imej linmas. Ia menilai fungsi Linmas bukan bekerja ketika ada acara hajatan, tetapi lebih pada menjaga ketertiban dan keamanan wilayah lingkungannya.

“Saya ingin ubah pandangan itu. Saya kira jangan memandang sebelah mata linmas karena fungsi dan tugasnya sangat memberikan manfaat,” katanya.

Bayu menjelaskan, di wilayahnya saat ini ada 2.880 petugas linmas. Rinciannya, setiap desa ada 15 petugas. Selama ini, mereka bertugas dan loyal untuk membantu kegiatan desa dan lingkungan masing-masing.

Bahkan dalam beberapa kegiatan termasuk ketika ada bencana, linmas sering kali ikut serta dan membantu termasuk dalam kegiatan sosial. “Nah, kedepan kita akan tingkatkan kualitasnya. Baik dari sisi kedisiplinannya, hingga loyalitasnya terhadap keamanan negara,” jelas dia.

Ia juga akan melatih linmas untuk berpatroli keliling kampung secara bergantian. “Jadi, seragam mereka tak hanya dipakai jika ada acara-acara tertentu saja. Tapi, harus dipakai sehari-hari selama bertugas,” katanya. “Nanti juga kita bekali surat tugas.”

sumber   : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.