Header Ads

Polres Simalungun Gelar Upacara HUT Bhayangkara Ke-73 Tahun


LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Polres Simalungun menggelar upacara Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 73 tahun yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2019 bertempat di Lapangan Bola Sei Mangkei Nagori Sei Mangkei Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun.

Bertindak sebagai Irup (inspektur upacara) Kapolres Simalungun AKBP M. Liberty Panjaitan, S.Ik ,M.H dan sebagai perwira upacara Kompol R.H.Sitinjak, S.Si. sedangkan komandan upacara AKP Supendi, SH M.H.


Kapolres Simalungun AKBP M.Liberty Panjaitan, S.Ik membacakan pidato Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, mengucapkan selamat HUT Bhayangkara ke 73 tahun. Peringatan Hari Bhayangkara ini terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946.

Melalui penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada dibawah Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 tersebut, juga menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional.

Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur/budaya direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif.

Sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan kamtibmas dan meminimalisir berita negatif, termasuk hoax dan ujaran kebencian.

Dalam rangkaian upacara tersebut, Kapolres Simalungun menyerahkan penghargaan kepada Personil yang berprestasi kepada Babhinkamtibmas yang berprestasi yaitu Aiptu M.J Tanjung, Bripka G.M Sianturi dan Bripka J.S. Butarbutar.

Turut hadir Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga, Kepala Pengadilan Negeri Kab. Simalungun Abdul Hadil Nasution, SH. MH, Dandim 0207/Simalungun (diwakili), Danyon 122 Tombak Sakti Letkol Inf. Ahmad Aziz, Ketua KPU Simalungun Raja Ahap Damanik, SH, Ketua Panwaslu Simalungun M. CHOIR, S. Pd, Kajari Simalungun yang diwakili oleh Kasi Intel Rudi Sagala, S.H., M.H., Sekda Simalungun Drs. Gidion Purba beserta Para Kepala Dinas Se-Kab. Simalungun.

Juga hadir Ketua MUI Kab. Simalungun H. Abdul Halim Lubis, LC, S.Hi, MM, Ketua DPRD Simalungun yang diwakili Sastra Joyo Sirait, GM PTPN III Ir. Luhut Tampubolon, Manager PKS Sei Mangkei Asanun Aripin Nasution Qia, Manager Kismk diwakili oleh Askep M. Husni, Humas PT. UOI Kolonel Ganda Simanjuntak, SE., Manager PKO Sei Mangkei Windra, MT, Para Pangulu Kec. Ujung Padang dan Pangulu Kec. Bosar Maligas.

Ketua FKPPI Kab. Simalungun Drs. Tigor Damanik beserta anggota, Karang Taruna Se-Kab. Simalungun, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Ketua FKPPI Kec. Bandar Kab. Simalungun Aliaman Purba, Waka Polres Simalungun beserta PJU Polres Simalungun, Para Kapolsek jajaran, Brigadir dan ASN Polres Simalungun, Pasukan TNI, Para Purnawirawan dan Warakauri.

Hadir Ketua Bhayangkari Cab. Simalungun Ny. Uli Liberty beserta pengurus, Ibu persit Kabupaten Simalungun serta masyarakat Kecamatan Bosar Maligas.

Usai pelaksanaan upacara digelar juga acara syukuran dengan berbagai pertunjukan oleh siswa Al Hikmah Perdagangan bermain Dram band dan dihibur oleh penyanyi Artis Ibu Kota Omega Trio, Pengguntingan Balon oleh Forkopimda, Pemotongan Nasi Tumpeng dan makan siang bersama.

Pada pukul 12.15 Wib giat berakhir dengan aman dan hikmat yang dihadiri sekitar seribu peserta.

Penulis  : franki
Editor    : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.