Header Ads

Serah Terimakan BI Corner ke SMAN 2 P.Siantar, KPw BI Minta Dukungan


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat serah terimakan BI Corner kepada SMA Negeri 2 Pematangsiantar.

Hadir dalam serah terima itu, kepala cabang dinas pendidikan Siantar Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Darwin Erikson Purba, S.Sos, M.Si, kepala sekolah SMAN 5, Edwar Simarmat, kepala sekolah SMAN 3, Zulpan dan kasek lainnya, Selasa (30/7/2019).

BACA JUGA  BI Corner Diresmikan di SMAN 6 Pematangsiantar, Kasek : Semoga Meningkatkan Minat Baca Siswa


BI Corner ini berupa fasilitas membaca, mulai dari buku, meja, tempat duduk, TV dan jaringan internet. Hal ini salah satu bentuk kepedulian kepada masyarakat.

Lewat Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tersebut, BI berinisiatif untuk memperkuat edukasi masyarakat di bidang ekonomi berbagai hal, antara lain kegiatan kuliah umum, pemberian program beasiswa BI maupun penyediaan sarana pojok baca atau disebut BI Corner.

Sebelum serah terima BI Corner, Edhi Rahmanto menjelaskan bahwa pada tahap awal, BI Corner difokuskan pada perguruan tinggi dan dalam waktu 5 tahun ini diharapkan dapat hadir di setiap level pendidikan sehingga sarana perpustakaan daerah maupun fasilitas publik lainnya bisa dibenahi.

Program ini merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan PSBI yang bertajuk Indonesia Cerdas. Selama tahun 2015-2018, KPw BI Pematangsiantar telah membangun 12 BI Corner yang tersebar di wilayah kerja. Pada tahun ini BI telah membangun 4 BI Corner. Melalui BI Corner pembaca diharapkan dapat memperoleh banyak sumber informasi ekonomi yang berkualitas dari dalam maupun luar negeri.

BI Corner juga merupakan sarana sosialisasi agar masyarakat semakin mengenal tugas dan peran BI dalam perekonomian Indonesia melalui publikasi rutin, baik dalam bentuk cetak maupun visual.

“Dengan semakin banyak masyarakat yang memahami peran dan tugas BI kiranya dapat mendukung pencapaian visi dan misi BI. Besar harapan kami BI Corner di SMA Negeri 2 Pematangsiantar dapat dimanfaatkan secara optimal dan dapat mendukung proses belajar siswa,”jelas
Edhi seraya meminta dukungan dari lapisan masyarakat karena baru menjabat 2 minggu.

Disampaikan, ini juga sebagai bentuk sumbangsih BI terhadap kemajuan dunia pendidikan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan HUT BI ke-66 dan HUT RI ke-74, BI akan melaksanakan program BI mengajar yang diselenggarakan di seluruh wilayah kerja BI.

Sesuai tema HUT BI ke-66 yaitu bertransfortasi mewujudkan kontribusi nyata BI maka program BI mengajar menjadi refleksi bagi kontribusi nyata BI melalui kegiatan pengajaran dan berbagi ilmu

Sementara staf ahli Wali Kota, Daniel Siregar menyambut baik atas upaya dan inisiatif BI mendirikan BI Corner itu, apalagi hal ini telah dimulai sejak tahun 2015 yang lalu di perpustakaan Pemko Pematangsiantar dan dibeberapa sekolah menengah.

“Dengan menempatkan di perpustakaan pemerintah, kampus, dan sekolah maka pelajar dan masyarakat akan dengan mudah mengakses informasi yang benar,”katanya.

“Untuk itu saya berharap kepada pelajar dan masyarakat sekitarnya manfaatkanlah BI Corner ini untuk memperoleh informasi dan kepada pihak BI kami mengucapkan banyak terimakasih atas perhatiannya terhadap kualitas pendidikan di kota ini,”tambah Daniel.

Pada kesempatan yang sama, Kepala SMA Negeri 2 Pematangsiantar, Hasbiansyah Sinaga menyampaikan rasa terima kasihnya karena lewat survei yang dilakukan BI, sekolah yang dipimpinnya dipercaya mendapatkan bantuan lewat program BI Corner.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.