Header Ads

Dipimpin Mendag, Cosmas Batubara Dimakamkan di TMP Kalibata Secara Militer


LINTAS PUBLIK - JAKARTA, Usai disemayamkan di Gedung Kemententerian Ketenagakerjaan, jenazah almarhum mantan Menteri Tenaga Kerja era Presiden ke-2 RI Soeharto, Cosmas Batubara dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Utama Kalibata, Jakarta Selatan. Upacara pemakaman dilakukan secara militer.

Pantauan media, di lokasi, Sabtu (9/8/2019) upacara pemakaman dimulai pukul 13.50 Wib yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita selaku Inspektur Upacara (Irup). Turut hadir pula mantan Ketua DPR RI 1999-2004, Akbar Tanjung.

BACA JUGA  Cosmas Batubara Meninggal Setelah Berjuang Melawan Kanker

Para tokoh Nasional menaburkan bunga ke pusara Cosmas batubara.
Suasana haru mengiringi proses pemakaman Cosmas Batubara. Sebelum peti jenazah diturunkan ke liang lahad, petugas upacara melontarkan tembak salvo.

Dalam sambutannya, Mendag mengatakan upacara militer dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan kepada jasa dan pengabdian Cosmas Batubara kepada negara.

"Upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, dharma bakti, serta pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya," kata Enggar

Enggar merasa terkejut atas kepergian Cosmas untuk selama-lamanya. Namun Enggar mengajak seluruh pelayat yang hadir untuk merima dan mengikhlaskan kepergian Cosmas.

BACA JUGA  Kisah Cosmas Batubara : Dari Simalungun ke Pentas Dunia, Ini Kata Tokoh dan Supir Pribadinya

Kerabat dan keluarga di TMP Kalibata
"Kepergian almarhum sungguh sangat mengejutkan dan menimbulkan kesedihan mendalam bagi kita semua, khususnya bagi keluarga ditinggalkan. Namun sebagai umat beragama yang percaya pada kekuasaan-Nya, kita harus dapat menerima secara ikhlas karena kepergian almarhum sudah keputusan dan kehendak-Nya," ujarnya.

Pada kesempatan ini juga Enggar menyampaikan rasa duka mendalamnya kepada keluarga yang ditinggalkan. Dia pun mendoakan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

"Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya selaku inspektur upacara dan selaku pribadi menyampaikan duka sedalam-dalamnya atas wafatnya almarhum seraya memanjatkan doa semoga Tuhan Maha Kasih senantiasa memberikan ketabahan, kesabaran, dan perlindungan-Nya kepada keluarga ditinggalkan," ucapnya.

Keluarga Alm. Cosmas Batubara
Enggar mengatakan bangsa Indonesia telah kehilangan putra terbaik yang memegang prinsip dan pekerja keras. Sosok Cosmas Batubara dijadikan tauladan untuk seluruh masyarakat dalam mengabdi pada bangsa dan negara.

"Dengan kepergian almarhum kita semua telah kehilangan seorang putra bangsa terbaik yang selalu setia memegang prinsip perjuangan, setia kepada negara, dan telah bekerja keras dalam setiap mengemban tugas negara," sebut Enggar.

"Tentu semua yang dilakukan almarhum semasa hidupnya terutama saat beliau mengemban tugas penuh semangat dan keikhlasan sangat bermanfaat untuk disuritauladani bagi kita semua yang masih hidup dalam tugas pengabdian bagi bangsa dan negara," pungkasnya.

Cosmas Batubara mengembuskan napas terakhir di RSCM pada Kamis (8/8) pukul 03.27 WIB. Cosmas meninggal setelah mengidap kanker limfoma selama satu setengah tahun terakhir. Dalam pemakaman di TMP Utama Kalibata hadir pula sejumlah tokoh di antaranya Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung, hingga para tokoh-tokoh adat Batak dari Batak Center.

sumber  : det 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.