Header Ads

Indonesia Bisa Belajar Jadi Negara Anti Korupsi dari Denmark


LINTAS PUBLIK - KOPENHAGEN, Denmark jadi negara minim korupsi selama 5 tahun berturut-turut. Apa rahasianya?

Ada sebuah organisasi non pemerintah Internasional yang bernama Transparency International. Organisasi yang bermarkas di Jerman ini memiliki tujuan untuk memerangi korupsi di dunia, seperti yang diintip dari situs resminya, Senin (19/8/2019).

Denmark, negara paling anti korupsi 
 Sejak didirikan tahun 1993, Transparency International melakukan berbagai cara untuk mencegah kegiatan kriminal yang timbul dari korupsi. Salah satu langkah yang dilakukan organisasi ini adalah melakukan Corruption Perception Index.

Tahun ini, lebih dari dua pertiga 176 negara dan teritori ikut berpartisipasi dalam melawan korupsi. Skalanya dari 0 (sangat korup) hingga 100 (sangat bersih).

Dalam penilaian Corruption Perception Index 2016, skala tertinggi dipegang oleh Denmark. Ya, negara dengan julukan penduduk paling bahagia ini duduk di peringkat pertama sebagai negara minim korupsi selama 5 tahun berturut-turut dengan nilai 90.

Apa yang membuat negara ini minim korupsi? Orang-orang dan rasa kepercayaannya.

Rasa percaya menjadi hal yang ditumbuhkan oleh masyarakat dalam hubungan sosial. Saat menjabat di pemerintahan, orang-orang politik sudah terbiasa memiliki integritas yang tinggi.

Integritas politik menjadi kunci dalam melawan korupsi. Karena adanya rasa percaya dan integritas inilah para pejabat memberikan kebebasan tinggi dalam pers sampai akses bebas dalam menginformasi pengeluaran publik.

Meski demikian, bukan berarti Denmark benar-benar bebas dari korupsi. Karena tahun lalu, Denmark dilanda skandal korupsi yang melibatkan 20 dari 179 anggota parlemennya.

Anggota yang dinyatakan terkait skandal tidak melaporkan aktivitas dan pengeluaran finansial dalam deklarasi aset. Penyelidikan dilakukan dan melibatkan seorang anggota dari Dewan Pekerjaan Polisi.

Dari hasil penyelidikan terungkap bahwa anggota dewan menyelewengkan sejumlah uang untuk membayar makan malam mahal, pesta dan hotel. Wah!

Tahun 2018, Denmark kembali menjadi negara minim korupsi, setelah turun ke peringkat dua tahun 2017. Selandia Baru menduduki peringkat pertama tahun 2017.

Dua negara ini memang terus bersaing ketat dalam perebutan integritas negara minim korupsi. Indonesia sendiri masih berada jauh di urutan 89, namun kita sudah berangsur naik setiap tahun.

Sementara 3 terbawah diduduki oleh Sudan Utara, Suriah dan Somalia.

Berikut 10 negara minim korupsi tahun 2018:

1. Denmark
2. Selandia Baru
3. Finlandia
4. Singapura
5. Swedia
6. Swiss
7. Norwegia
8. Belanda
9. Kanada
10. Luxembourg

sumber  : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.