Header Ads

Peserta JKN-KIS : Tidak Merasa Rugi untuk Berbuat Baik


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Hendra Syaputra (28) adalah peserta JKN-KIS dari Segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas III yang kesehariannya adalah sebagai seorang pedagang rujak keliling di wilayah Kota Pematangsiantar.

"Saya terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat sejak tahun 2016, karena saya rasa perlu mempunyai jaminan kesehatan saya dan keluarga jika sewaktu-waktu ada yang terkena penyakit. Untuk proses mendaftarnya juga sangat mudah, tidak ada sutu hal yang sulit atau ribet seperti yang pernah saya dengar dari orang lain,"ungkap Hendra.

BACA JUGA  Darman Berikan “Dua Jempol” untuk Program JKN-KIS, Ini Mamfaatnya

Hendra Syaputra
Hendra mengatakan bahwa ia dan keluarga termasuk jarang memanfaatkan kartu JKN-KIS ini. Sehingga ia sangat bersyukur bahwa keluarganya diberikan kesehatan sehingga iuran yang dibayarkan bisa digunakan membiayai peserta JKN-KIS lainnya yang sedang sakit.

“Walaupun kami sangat jarang menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat, namun kami menganggap terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ini saya anggap sebagai ibadah yaitu beramal. Karena melalui program ini saya dapat membantu saudara-saudara lain yang sedang sakit. Pokoknya jangan pernah merasa rugi lah untuk melakukan hal yang baik," Hendra.

“Agar saya rutin membayar iuran, saya selalu sisihkan uang penghasilan dari berjualan rujak setiap bulan sehinga tidak pernah terlambat untuk membayar iuran setiap bulannya. Walaupun penghasilan saya setiap bulan tidak seberapa, namun saya akan merasa tidak tenang jika tidak membayar iuran tepat waktu, apalagi sampai menunggak membayar iuran,”terang Hendra saat ditemui Senin lalu (29/7/2019).

Hendra juga menghimbau kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, agar segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS. Karena dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS tidak akan lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk berobat sehingga dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian Keluarga

‘’Penyakit itu belum tentu datang pada saat kondisi keluarga kita sedang baik, jadi mendaftarlah sebelum penyakit datang. Apalagi iurannya juga relatif terjangkau namun benefitnya sangat besar,"ungkap pria dengan 1 orang anak ini.

‘’Kemudian untuk yang telah terdaftar jangan sampai lupa membayar dan bagi yang menunggak agar segera dibayar agar terhindar dari denda pelayanan,"tutupnya.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.