Header Ads

Tinggi 39 Meter, Ini Makna dan Arti Tugu Ompu Tuan SITUMORANG, Ada Pesannya


Cacatan : Tagor Leo Sitohang, SH 


Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang (OTS) telah selesai, dan acara syukuran dilaksanakan pada 13-15 September 2019 dihuta Parsaoran Urat, kecamatan Palipi kabupaten Samosir, dihadiri puluhan ribu pomparan (keturunan) Ompu Tuan Situmorang dari seluruh Indonesia.

Pomparan (keturunan) marga dari Ompu Tuan Situmorang  yang lebih dikenal Situmorang Sipituama adalah  Raja Pande, Raja Nahor, Tuan Suhut Ni Huta, Tuan Ringo, Sitohang Uruk ( Dori Nangambat), Sitohang Tonga-tonga (Raja Itubungna), Sitohang Toruan (Ompu Raja Bona Ni Onan/ Raja Pasar di samosir masa itu).

 BACA JUGA  Lestarikan Sejarah, Tugu Situmorang di Revitalisasi, Ini Panitianya

Tugu Ompu Tuan Situmorang Tinggi 39 Meter di Huta Parsaoran Urat, kecamatan Palipi kabupaten Samosir
 Menurut Ir. Daulat Situmorang, MSc yang ditulis dibuku "Tugu Ompu Tuan Situmorang dari membangun dan revitalisasi" disusun BMS Situmorang, SH, Ir. Polma situmorang, dan St. Jhon Hendry Sitohang, S.Kom, bahwa pembuatan desains dan pelaksana pembangunan Revitalisasi  Tugu Ompu Tuan Situmorang ada beberapa Fungsi Tugu OTS :
  1. Tugu sebagai monumen peringatan untuk mengenang dan mengabadikan Ompu Tuan Situmorang serta keturunannya.
  2. Ikon kebanggan keturunan Ompu Tuan Situmorang.
  3. Lambang kemegahan, daya juang dan kebersamaan keturunan  Ompu Tuan Situmorang.
  4. Obyek Wisata Budaya.
Sementara makna desain Tugu Ompu Tuan Situmorang yang tingginya 39 meter, terdiri dari 5 bagian atau tingkat dijelaskan sebagai berikut . Baca Selengkapnya KLIK 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.