Header Ads

BPJS Pematangsiantar Laksanakan Monev KBK Triwulan III


LINTAS PUBLIK-SIMALUNGUN, Sebagai upaya untuk mengoptimalkan kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Fasilitas Kesehatan, khususnya di Puskesmas. BPJS Kesehatan melaksanakan pertemuan dengan Kepala Puskesmas dan Staf se-wilayah Kabupaten Simalungun, Jumat (25/10/2019) bertempat di ruang pertemuan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar saat memberikan paparan dalam Monev KBK Triwulan III di Kantor Dinkes Kabupaten Simalungun.
Agenda pertemuan ini adalah Evaluasi KBK (Kompetensi Berbasis Kinerja) Triwulan III dan Optimalisasi Rujukan Horizontal yang diikuti oleh seluruh Kepala Puskesmas dan Bendahara se-wilayah Kabupaten Simalungun beserta Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun.

dr Henny selaku Kepala Bidang Yankes Dinkes Kabupaten Simalungun mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar yang mengadakan monitoring dan evaluasi, karena hal ini untuk peningkatan kualitas pelayanan di setiap Puskesmas. Kegiatan seperti ini perlu rutin dilakukan guna terus memantau kinerja FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) di lapangan dan FKTP juga harus mengikuti setiap aturan yang berlaku, agar hasil kinerja bisa menjadi lebih sesuai dengan standar yang telah ditentukan dan tercapainya Nilai KBKP yang diharapkan.

“Kita akan mendorong seluruh Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan akan berusaha melakukan pemenuhan sarana dan prasarana di Puskesmas untuk mengoptimalkan pencapaian KBK,” ungkap dr Henny.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Korri Melvaida Manurung mengatakan peran dari fasilitas kesehatan adalah sebagai gate keeper dalam menjaga keberlangsungan dari program JKN-KIS tentu sangat diperlukan. Terutama diharapkan dari Puskesmas agar mengoptimalkan rujukan horizontal serta diharapkan untuk menurunkan rasio rujukan ke FKRTL (Rumah Sakit).

“Kami, BPJS Kesehatan Pematangsiantar sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Puskesmas atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Tentu kami menyadari masih banyak yang perlu sama-sama kita dibenahi agar pelayanan bagi peserta JKN-KIS khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun semakin baik kedepannya,” ungkap Korri kepada peserta yang hadir.

Korri berharap dengan adanya pertemaun ini, Puskesmas dapat meningkatkan kualitas mutu pelayanan kepada peserta menjadi lebih maksimal. Sehingga pada akhirnya dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Penulis    : franki
Editor      : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.