Header Ads

Ir.Asner Silalahi MT Diberangkatkan Padang Batanghari : Semoga Impian sebagai Walikota Siantar Terwujud


LINTAS PUBLIK-DAIRI, Bakal Calon Walikota Pematangsiantar Ir.Asner Sialalahi MT selaku Ketua Umum Pomparan Raja Silahisabungan se-Dunia diulosi dan diberangkatkan oleh Padang Batanghari saat partangiangan dan Budaya Luhutan Bolon Pomoaran Raja Silahisabungan di Kompleks Tugu Makam Raja Silahisabungan Desa Silalahi, Kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi, Minggu (24/11/2019) lalu. Padang Batanghari adalah merupakan Hula-hula Raja Silahisabungan.

Saat itu, Asner Silalahi diulosi dan didoakan sebagai bentuk dukungan dan harapan Hula-hula Padang Batanghari supaya impian Asner Silalahi sebagai Walikota Pematangsiantar dapat terwujud.

Ir.Asner Silalahi MT Diberangkatkan Padang Batanghari
Di hadapan puluhan ribu Pomparan Raja Silahisabungan, Pdt A Padang Batanghari menyampaikan bahwa Padang Batanghari sebagai Hula-hula Raja Silahisabungan memberikan restu dan doa kepada Asner Silalahi supaya bisa memimpin Kota Pematangsiantar.

"Kami dari Hula-hula Raja Silahisabungan meminta kepada seluruh Pomparan Raja Silahisabungan supaya mendukung dan memilih Asner Silalahi," ujar Pdt A Padang Batanghari.

Hula-hula Padang Batanghari menyebutkan, sejak masa mudanya Ir.Asner Silalahi MT sudah banyak berbuat untuk Pomparan Raja Silahisabungan dan aktif di Naposo Bulung Pomparan Raja Silahisabungan. Sehingga pada tahun 2018 diberi kepercayaan sebagai Ketua Umum Pomparan Raja Silahisabungan se Dunia untuk periode 2018-2023.
Dalam kesempatan itu, perwakilan Raja Turpuk Tambunan juga menyampaikan dukungan dan doa kepada hahadolinya/ abangnya Asner Silalahi agar apa yang dicita-citakan bisa terealisasi.

Setelah menyampaikan doa dan sambutan, Ir Asner Silalahi MT bersama Istri Br Sihombing diulosi. Dan selanjutnya Asner beserta istri manortor dan manomba Hula-hula Padang Batanghari.

* Harus Saling Mengasihi

Dalam rangkaian pesta tersebut, Ketua Umum Raja Silahisabungan Ir.Asner Silalahi MT dipersilahkan menyampaikan kata sambutan.

Di hadapan seluruh Pomparan Raja Silahisabungan, Asner Silalahi menyampaikan rasa terimakasih kepada bolahan amak/panitia yakni Butar Raja (anak ke 4 Raja Silahisabungan) yang telah mensukseskan seluruh rangkaian acara dengan baik.

Asner bercerita bahwa semasa hidupnya, Raja Silahisabungan menyampaikan Poda Sagu-sagu Marlangan (petuah) kepada delapan anaknya. Dan 5 butir petuah ini di ukir di tugu makamnya, agar seluruh keturunannya tetap mengingat dan melaksanakan petuah atau pesan tersebut.

Poin pertama adalah, harus saling mengasihi sesama saudara hingga ke seluruh keturunannya.
"Petuah ini sangatlah luar biasa. Bayangkan ketika itu Raja Silahisabungan memberikan petuah yang begitu hebatnya kepada delapan anaknya agar harus saling mengasihi. Ini yang harus tetap kita jaga," ujar Asner.

Raja Silahisabungan juga meminta kepada anak-anaknya untuk tidak memulai pertengkaran. Jika ada perselisihan, maka harus diselesaikan oleh kedelapan anaknya itu sendiri.

"Jadi kita sebagai keturunan Raja Silahisabungan harus berpegang teguh atas petuah dan pesan yang diberikan oleh Raja Silahisabungan," tegas Asner.

Asner juga menyampaikan bahwa saat ini sudah disusun Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga Parsadaan 8 (ualu) Turpuk Pomparan Raja Silahisabungan Se Indonesia Periode 2018-2023 sebagai pedoman atau acuan bagi seluruh kepengurusan dan anggota Pomparan Raja Silahisabungan. Selain itu, Asner juga mengapresiasi para generasi muda Pomparan Raja Silahisabungan yang senantiasa melaksanakan berbagai kegiatan untuk menjaga nilai luhur budaya.

"Tak lupa saya sampaikan ribuan terimakasih kepada Hula-hula Padang Batanghari, Tulang Nairasaon dan seluruh Pomparan Raja Silahisabungan di manapun berada yang telah mendukung dan mendoakan saya untuk maju sebagai menjadi Walikota Pematangsiantar. Kiranya Tuhan tetap menyertai dan memberkati kita semua," ujar Asner sembari ber 'umpasa' sebagai kata-kata penutup.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.