Header Ads

Karir Riko Simanjuntak, Dari Siantar Hingga Membawa Pulang Penghargaan AFF Awards 2019


LINTAS PUBLIK, Riko Simanjuntak adalah anak Siantar yang lahir pada 26 Januari 1992, dan orang tua serta keluarga Riko Simanjuntak sampai saat ini tinggal di Pematangsiantar.

Pada Natal tahun 2018 Riko menyempatkan diri berNatal dengan keluarganya, dan rekan-rekannya bersama komunitas "Mawar Berduri" merayakan Natal bersama di Panti suhan Zarfat.

"Senang Rasa nya bisa berbagi dan merayakan Natal bersama anak2 Panti Asuhan Zarfat🌲🙏semoga kalian kelak menjadi anak yg berbakti Dan berguna Bagi Nusa dan Bangsa...
Tetap semangat dan sukses selalu,"tulis Riko, Senin (30/12/2018).

Riko Simanjuntak
Penghargaan dari AFF Awards 2019 dari Hanoi

Riko Simanjuntak masuk dalam daftar AFF Best Starting XI in AFF Suzuki Cup 2018. Riko Simanjuntak merasa bangga dan mengungkapkan dedikasi penghargaan itu untuk sepak bola Indonesia yang lebih baik.

Pemain sayap Timnas Indonesia dan Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, membawa pulang penghargaan dari AFF Awards 2019 dari Hanoi, Vietnam.

Atas penghargaan itu pemain nasional mengucapkan selamat untuk Riko Simanjuntak. Bima Sakti menuliskan, bahwa Riko adalah pemain yang rendah hati dan humoris.

"Selamat buat Riko Simanjuntak pemain yg selalu bermain maksimal, rendah hati, humoris dan banyak...jawab sendiri ya riko 🤭🤣 semoga tambah sukses kedepannya, Aamiin,'kata Bima Sakti diakun facebook Riko Simanjuntak, Sabtu (9/11/2019).

Riko Simanjuntak berdoa dilapangan sepakbola.
Riko Simanjuntak terpilih ke dalam 11 pemain terbaik Piala AFF 2018 itu sebagai pemain sayap, mengisi lini depan bersama Norshahrul Idlan Talaha dari Malaysia dan Nguyen Quang Hai dari Vietnam. Riko pun mengucapkan isi hatinya setelah menerima penghargaan itu.

“Penghargaan luar biasa dalam karier saya. Penghargaan ini tidak bisa dibayangkan sebelumnya. Saya bisa berada di sini. Sekali lagi ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam karier saya,” ujar Riko Simanjuntak seperti dilansir dari situs resmi Persija.

“Saya mempersembahkan penghargaan ini untuk semua elemen sepak bola Indonesia dan ini juga menjadi pendorong agar sepak bola Indonesia lebih baik lagi ke depannya,” lanjut pemain bertubuh mungil tapi berkaki cepat itu.

Riko Simanjuntak saat merayakan Natal di Panti Asuhan Zarfat Pematangsiantar.
Pemain kelahiran Pematang Siantar Sumatera Utara ini juga berharap penghargaan di AFF Awards makin memacunya untuk berprestasi lebih baik ke depan dan bisa menularkan potensinya untuk kemajuan sepak bola nasional.

“Penghargaan ini tentu memberikan motivasi lebih untuk saya. Selain itu, dengan penghargaan ini saya tidak boleh puas agar nantinya bisa terus menggali potensi yang saya miliki saat ini, juga agar bisa berbuat lebih baik lagi di sepakbola Indonesia,” harapnya.

“Tentunya ini juga tidak lepas dari dukungan baik suporter Indonesia maupun Jakmania, termasuk teman-teman yang berjuang di lapangan termasuk di Persija,” katanya.

Dihubungi Senin (11/11/2019), Riko juga tak lupa berpesan agar anakanak Indonesia khususnya Pematang Siantar jangan berhenti menggapai cita-cita. tentunya dengan kerja keras dan tetap disiplin.

“Semoga ini (penghargaan) menjadi inspirasi buat adek-adek. tidak ada yang mustahil kalau kita bersungguh-sungguh dan berdoa,” katanya singkat.


Selain Riko Simanjuntak yang mendapatkan penghargaan masuk dalam daftar 11 pemain terbaik di Piala AFF 2018, satu penghargaan yang dibawa pulang ke Indonesia adalah federasi sepak bola terbaik yang didapatkan oleh PSSI, yang diwakilkan oleh Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria

Salah satu pemain yang belakangan ini mencuri perhatian pecinta bola tanah air adalah Riko Simanjuntak. Sebenarnya Riko simanjuntak bukanlah nama baru pada pagelaran akbar persepakbolaan Indonesia.

Karir Riko Simanjuntak

Namanya menjadi buah bibir semenjak memperkuat Persija Jakarta dan menjadi tandem maut bagi bomber andalan Macan Kemayoran yaitu Marko Simic. Kami juga pernah menulis mengenai biodata dan karir marko simic.

Riko Simanjuntak lahir di Sumatera tepatnya Pematang Siantar pada 26 Januari, 26 tahun silam atau tepatnya 1992. Riko Simanjuntak bermain sebagai winger yang bisa menyisir sisi kanan dan kiri. Dia dikenal dengan kecepatan dan akurasi dribblenya yang menawan.

Dia memulai karier profesionalnya dengan PSMS Medan, Bersama PSMS Dia hanya bertahan 1 Musim saja tepatnya musim 2012-2013. Saat membela PSMS Medan, Riko Berhasil mencetak 3 Gol dari 9 Penampilan.

Pesepak bola Indonesia Riko Simanjuntak (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Thailand Thitiphan Puangjan (kiri) dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu (17/11/2018)/antara.
Karier Riko kembali berlanjut dengan memperkuat PS Bangka yang berlaga pada kompetisi kasta kedua liga Indonesia. Pada Saat membela PS Bangka, Kemampuan riko simanjuntak mulai terlihat dengan berhasil menyarangkan total 7 Gol dari 18 Pertandingan. Berkat Konversi Gol yang lumayan, Riko Pun diboyong oleh Klub Kasta tertinggi Liga Indonesia yaitu Gresik United.

Bersama Gresik United, Riko sebenarnya tidak kalah moncer. Akan tetapi karena Kompetisi yang dibubarkan karena kisruh pssi, riko hanya memperkuat Gresik United dalam 3 laga dan berhasil mencetak 1 Gol.

Setahun Berlalu, Nil Maizar yang Kala itu melatih Semen Padang secara terang-terangan mengaku tertarik dengan Riko Simanjuntak. Tak butuh waktu lama riko pun langsung setuju bergabung dengan durasi kontrak 1 Tahun.

Sayangnya Karier Riko Simanjuntak di Semen Padang berakhir Kurang nyaman karena performa Semen padang yang angin-anginan hingga akhirnya berakhir tragis dengan turunnya si kebo sirah ke kasta kedua persepakbolaan tanah air.

Di tahun 2018, Riko memilih melanjutkan kariernya dengan bergabung Persija Jakarta. Tak butuh waktu lama, Riko Pun langsung nyetel dengan permainan Macan Kemayoran. Duetnya bersama Marko Simic menjadi momok menakutkan bagi lawan.

Duet Riko dan Simic langsung berbuah manis dengan menorehkan Gelar juara Piala Presiden 2018. Tak menutup kemungkinan jika Riko Simanjuntak masih bisa meraih gelar-gelar yang ada.

Pemain timnas Indonesia, Riko Simanjuntak (kedua dari kanan) dalam acara AFF Awards 2019 di Vietnam
Profil dan Biodata Riko Simanjutak 

  • Nama lengkap: Riko Simanjuntak
  • Temp/Tgl. Lahir, Pematangsiantar 26 Januari 1992
  • Tinggi: 160 m (524 ft 11 in)
  • Posisi bermain Penyerang

Karier

  • 2012-2013: PSMS Medan
  • 2014: PS Bangka
  • 2015: Gresik United
  • 2016-2017 Semen Padang FC
  • 2018: Persija

Prestasi

  • Juara Piala Presiden 2018
  • AFF Best Starting XI in AFF Suzuki Cup 2018
  • Penghargaan AFF Awards 2019 dari Hanoi, Vietnam.

Itulah karir Riko Simanjuntak, hingga membuat bangga masyarakat kota Siantar dimana tempatnya lahir.

"Terus Berjuang Siantar Man, Raih Terus Prestasi, kaulah Pahlawan masa kini,"redaksi.

Penulis   : tagor
Editor     : tagor
Sumber  : berbagi sumber


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.