Header Ads

Maia dan Mulan Ternyata Sama-Sama Anak Pahlawan


LINTAS PUBLIK - JAKARTA,  Sambut hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2019, beberapa artis tanah air keturunan darah pahlawan memposting berbagai ucapan di akun media sosial untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur.

Beberapa artis yang diketahui berdarah pahlawan diantaranya Al, El, Dul, Maia Estianty, Dewi Yull, Asri Welas, Dian Sastrowardoyo, Mulan Jameela dan lain sebagainya.

Penyanyi sekaligus anggota DPR RI Mulan Jameela ternyata juga memiliki seorang ayah yang turut membantu tercapainya kemerdekaan Republik Indonesia.


Tak banyak yang tahu bahwa mertua Ahmad Dhani ini ternyata seorang veteran. Fakta soal ayah Mulan Jameela ini terungkap lewat postingan Mulan yang diunggah pada Minggu (10/11/2019) di akun instgram pribadinya.

Menurut pengakuan mantan duet Maia Estianty ini, ayahnya merupakan seorang anggota TNI AD bernama RE Komar. Semasa hidupnya, ayah Mulan Jameela rupanya kerap ikut bertempur sebagai seorang prajurit. Atas kesetiaannya dan jasa-jasanya membela NKRI, RE Komar dianugerahi 2 penghargaan tanda jasa pahlawan.

“Piagam penghargaan ini adalah 2 dari beberapa Piagam Penghargaan yang diterima almarhum Bapakku dari Pemerintah Indonesia saat bapakku masih aktif bertugas sebagai TNI AD,” tulis Mulan Jameela dalam Instagram @mulanjameela1.

Dalam postingannya tampak 2 piagam usang yang ditandatangani oleh Presiden Soeharto. Mulan Jameela pun tak lupa mengucapkan kata manis untuk almarhum sang ayah.

“Bapakku sayang.. Engkaulah Pahlawan Sejatiku,” ucap pelantun ‘Makhluk Tuhan Paling Seksi’ itu.

Bicara soal darah pahlawan, rekan duet Mulan Jameela yakni Maia Estianty juga memiliki darah pejuang. Maia Estianty merupakan cicit HOS Tjokroaminoto. Ayah Maia Estianty yang bernama Harjono Sigit, diketahui merupakan anak dari Siti Oetari Tjokroaminoto. Siti Oetari (nenek Maia Estianty) merupakan putri sulung Tjokroaminoto.

Pada 1921 Siti Oetari dinikahi Sukarno atas permintaan HOS Tjokroaminoto. Sayang, pernikahan ini hanya bertahan dua tahun saja. Soekarno pernah bercerita, cintanya kepada Oetari sebenarnya bukan cinta seorang pria kepada wanita. Namun lebih kepada rasa sayang seorang kakak kepada adiknya. Tak lama setelah perceraian itu, Soekarno menikah dengan Inggit Ganarsih.

Sementara itu, Siti Oetari menikah dengan pria bernama Bachrun Salam. Dari pernikahan dengan Bachrun Salam, Oetari mempunyai delapan anak, termasuk Harjono Sigit.

Selain Maia Estianty dan Mulan Jameela beberapa selebritis tanah air yang masih punya darah pahlawan adalah Dewi Yull yang merupakan cucu dari R.M. Tirto Aadhi Soerjo, Asri Welas yang keturunan Pangeran Diponegoro, hingga Dian Sastro yang merupakan cucu dari tokoh pergerakan nasional, Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo.

Sementara Al, El dan Dul adalah putera Maia Estianty dan Ahmad Dhani, ketiganya mewarisi darah pahlawan dari Tjokroaminoto.

sumber   : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.