Header Ads

Sinode HKIP ke-12 Sukses, Thamrin Simanjuntak, MM Terpilih Kembali Jadi Majelis Pusat, Ini Pesan Sinode


LINTAS PUBLIK - SIANTAR, Sinode ke-12 Huria Kristen Indonesia Protestan (HKIP)  dilaksanakan 21-23 November 2019 di gedung Pusat Pembinaan Umat Keuskupan Agung Medan (PPU KAM) Simpang Karangsari Pematangsiantar berjalan sukses.

Acara Sinode ke-12, Dibuka Kamis (21/11) oleh Bishop HKIP Pdt Marlan Pardede SPd MTh didampingi Ketua Umum Panitia Pdt Parlin M Simangungsong MDiv yang juga Sekjen HKIP, Ketua Pelaksana Pdt Bangun Harianja MTh, Asisten I Pemerintah Kota Pematangsiantar Leonardo Simanjuntak, Kabid Binmas Kementerian Agama Sumut Dr Arnold Napitupulu MPdk, Ketua Majelis Pendeta Pdt.  Lindu Tambunan, STh, MM, serta para pendeta dari berbagai propinsi dan dan undangan lainnya.

Tema sinode "Lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu (2 Timotius 4:5c)" dan subthema "Dengan semangat sinode HKIP hendaknya semakin bersungguh-sungguh melakukan penginjilan".

BACA JUGA  Bishop dan Sekjen HKIP Resmikan HKIP Maranatha Bagan Batu

Bishop dan Sekjen HKIP bersama Panitia, para pendeta, dan tamu undangan. 
Bishop HKIP dalam kotbahnya menyampaikan, pemberitaan Injil adalah tugas yang melekat. Pemberitaan berdasarkan pada Matius 28:19-20 disebut sebagai amanat agung Tuhan dan keagungan amanat itu terletak pada perintah Yesus Kristus. Isi amanat agung ini ditujukan pada semua orang baik yang sudah percaya apalagi kepada orang yang belum mengenal Kristus sebagai jalan dan pemberi keselamatan. Artinya ada dua jenis penginjilan yaitu penginjilan ke dalam dan ke luar.

Penginjilan adalah upaya gereja untuk meneruskan karya Yesus Kristus untuk mengabarkan berita keselamatan dan juga merupakan berita gabungan antara kerajaan Allah dan kebutuhan manusia yaitu keselamatan kekal. Keselamatan itu merupakan kebutuhan semua orang dan hanya ada di dalam Kristus.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menunaikan tugas pelayanan seperti penguasaan diri, setia dalam tekanan dan semangat memberitakan Injil. Untuk itulah diajaknya agar semua jemaat terutama para pendeta dan penetua semakin bersungguh-sungguh melayani Tuhan.

BACA JUGA  26 Tahun HKIP Bertumbuh dan Berkwalitas dalam Pelayanan

Para Pendeta HKIP saat memimpin ibadah pembukaan Sinode HKIP ke-12.
Kabid Binmas Kanwil Kemenag Sumut Dr Arnold Napitupulu MPdk mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sinode kerja untuk mengevaluasi program-program kerja tentang penginjilan. Untuk itulah diharapkannya agar ke depannya harus bagus dan terbuka, para pendeta haruslah menguasai IT, juga haruslah saling menerima yang satu dengan yang lainnya serta jangan saling berseteru baik di antara pendeta, pelayan dan jemaat.

Sementara itu Pdt Tarida Siregar STh mengharapkan melalui sinode ini semua pelayan terpanggil untuk jadi pemberita Injil dan biarlah menjadi titik awal bersama untuk melaksanakan tugas dan panggilan gereja. Semoga kegiatan ini penuh damai sejahtera dan sukacita serta menghasilkan buah yang baik.

Pengurus Bamagnas Kota Pematangsiantar Pdt David Simanjuntak STh mengucapkan terimakasih dan bersyukur karena HKIP sudah berkumpul untuk melaksanakan sinode. Panggilan pelayanan yang Tuhan sudah berikan bukanlah menjadi beban namun merupakan suatu kehormatan dari Tuhan.

BACA JUGA  HKIP Safari Jiarah Ke Makam Tokoh Gereja

Panitia tampak gembira seusai Sinode HKIP ke-12.
Wali kota Pematangsiantar Hefriansyah dalam kata sambuatannya yang dibacakan Asisten I Leonardo Simanjuntak mengungkapkan bahwa kehidupan masyarakat di era digital ini mempengaruhi kondisi perilaku. Untuk itulah peran pembinaan umat sangatlah dibutuhkan juga diharapkan untuk saling bahu membahu dan bergotong royong menyuarakan Injil, saling mengasihi sesama manusia. Kota Pematangsiantar merupakan kota yang paling toleran sehingga diharapkan untuk menjaga kerukunan dan mempererat tali persaudaraan di tengah-tengah masyarakat kota Pematangsiantar.

Ketua pelaksana Pdt Bangun Harianja MTh seusai Sinode Sabtu (23/11) mengatakan, selama berlangsung Sinode HKIP selama 3 hari berjalan lancar, dan ada beberapa kegiatan yang harus dievaluasi, termasuk tata ibadah yang disempurnakan.

"Semua berjalan lancar, semoga program dan hasil Sinode dapat dijalankan oleh jemaat diseluruh Indonesia,"jelasnya.

Pimpinan Sidang dalam Sinode Pdt. Kristopel Pasaribu, MTh, Pdt. Bangun Harianja, MTh, dan Thamrin Simanjuntak, MSi.

BACA JUGA  Ompui Ephorus HKBP Dukung Program Pelayanan jemaat di HKIP

Inilah Tona Sinode HKIP ke-12 yang berhasil dihimpun lintaspublik.com :

Bishop dan Sekjen HKIP saat menerima hasil Sinode dari Pimpinan Sidang Pdt. Kristopel Pasaribu, MTh, Pdt. Bangun Harianja, MTh, dan Thamrin Simanjuntak, MSi.
TONA SYNODE

"Kita patut bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan kita Yesus Kristus Raja Gereja, karena atas perkenanNya Gereja kita HKIP dapat menyelenggarakan Sinode Kerja Ke – 12 yang berlangsung pada tanggal 21 – 23 Nopember 2019. Perlu kami sampaikan bahwa semua acara Sinode berlangsung dengan aman dan damai serta penuh sukacita.

Sinode Kerja ke – 12 ini menghasilkan beberapa keputusan sebagai berikut:

1. Laporan Pertanggungjawaban Pimpinan Pusat dan Majelis Pusat diterima dengan baik dengan catatan seluruh tunggakan Iuran Resort agar segera dibayarkan paling lama 31 Desember 2019.

2. Sinode menugaskan Pimpinan Pusat untuk segera membentuk Tim Penyempurnaan Tata Gereja dan Peraturan Rumah Tangga HKIP dan penyelesaian Penyempurnaan Tata Gereja dan Peraturan Rumah Tangga HKIP sebelum pelaksanaan Synode ke – 13 tahun 2021.

3. Sinode menugaskan Pimpinan Pusat untuk segera membentuk Tim Penyempurnaan Agenda HKIP berbahasa Inodesia.

4. Agar setiap Jemaat/ Resort segera mengirimkan data Fotocopi KTP dan KK paling lambat 31 Desember 2019

5. PRT HKIP Pasal 35 ditambah 1 ayat menjadi ayat 4

4) Apabila anggota Majelis Pusat berhalangan tetap, dari unsur yang berhalangan tetap dipilih dan ditetapkan pada Sinode berikutnya.

6. Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Majelis Pusat periode tahun 2016 – 2021 adalah Drs. Thamrin Simanjuntak, M.Si.

Atas perintah Sinode kami menyampaikan agar kita semua jemaat HKIP melaksanakan Keputusan Sinode ini dengan benar, agar menjadi suka cita bagi semua jemaat HKIP dan kemuliaan bagi Tuhan.

Hormat kemuliaan bagi Allah dalam Kristus Yesus Tuhan kita. Amin.

Pematangsiantar, 23 Nopember 2019

Bishop :Pdt. Marlan Pardede, S.Pd., M.Th
Sekjend, Pdt. Parlin M. Simangunsong, M.Div

Penulis   : tagor
Editor     : tagor




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.