Header Ads

Lemkapi: Kepercayaan Publik kepada Polri Bidang Harkamtibmas Meningkat Selama 2019


LINTAS PUBLIK,   Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), menyebut tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri dalam bidang Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) meningkat selama tahun 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Eksekutif Lemkapi, Dr Edi Hasibuan, menurutnya pada Desember 2019 tingkat kepuasan publik terhadap pelayanan Polri dibawah Kapolri Jenderal Idham Azis sebesar 81,9 persen.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si,
“Kami melihat, publik puas dengan kinerja Polri dalam bidang Harkamtibmas,” kata Edi di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Publik memberi alasan puas antara lain karena melihat sinergitas Kapolri dan Panglima TNI yang bagus dari atas sampai kelapisan bawah dan pelaksanaan visi misi kebijakan keamanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah mulai diterapkan Kapolri sampai ke pelosok desa.

“Penyebaran Bhabinkamtibmas yang semakin banyak diberbagai desa mendapat sambutan yang bagus dari publik,” ujar doktor ilmu hukum ini.

Menurut mantan anggota kompolnas ini, hasil survai lainnya terdapat 10,6 persen publik mengaku belum sepenuhnya puas dan menginginkan Polri terus berbenah diri dan terus meningkatkan kinerja dalam bidang Reserse dan pelayanan lalulintas di jalan raya.

Sedang 7,5 persen lainnya, publik tidak memberikan komentar dengan alasan masih ingin melihat kinerja Polri dalam tiga bulan mendatang setelah dijabat kapolri baru.

Menurut pakar hukum kepolisian dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini, survei dilakukan sejak 1-14 Desember 2019 dengan jumlah sampel 750 responden yang tersebar diberbagai propinsi dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Usia responden yang diteliti berusia 19 sampai 60 tahun dengan menggunakan metode penelitian multistage random sampling.

sumber  : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.