Header Ads

36 Tahun Mengabdi, Rodearni Saragih : Berdirinya SMK Negeri 1 Siantar Pakai Lampu Templok dan Tikar


LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN,  Rodearni Saragih, SPd, MH telah 10 tahun mengabdi sebagai Kepala sekolah SMK Negeri 1 Siantar kabupaten Simalungun sejak pertama kalinya SMK Negeri 1 Siantar berdiri pada tahun 2009, dan 36 tahun mengabdi sebagai guru di kabupaten Simalungun.

Mengenang itu (berdirinya SMK Negeri 1 Siantar)  Rodearni Saragih sempat meneteskan air mata, betapa sulitnya awal tahun pertama menerima siswa baru karena keterbatasan fasilitas.

BACA JUGA  SMK Negeri 1 Siantar Resmikan Ruang Praktek TKJ, Darwin Purba : Terimakasi Perjuangan Rodearni Saragih

Rodearni Saragih bersama guru-guru tampak ceria di Hari Ulang tahunnya yang ke-60 tahun
"Dulu belum ada listrik, dan kami memakai lampu teplok untuk membereskan ruangan-demi ruangan di sekolah ini yang dulunya eks kantor SKPD kabupaten Simalungun. Dan bahkan air juga diputus, dan kami harus membayar rekening yang tertunggak,"kata Rodearni Saragih sambil menyeka air matanya mengenang pertama kalinya berdiri SMK Negeri 1 Siantar, Jumat (17/1/2020) di Jalan Sangnaualuh Km. 3,5 Nagori Pamatang Simalungun Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

Cerita Rodearni Saragih lagi, Awal diserahkannya gedung atau kantor eks SKPD kantor Bupati Simalungun untuk SMK negeri 1 Siantar masih sangat minim sekali fasilitas, dan bahkan air pun sempat diputus.

"Air sempat diputus, dan kami diharuskan membayar tunggakan air, ternyata banyak tunggakan dan kami harus melunasinya,"ungkap Rodearni, hampir patah semangat ketika itu.

Rodearni Saragih yang akan purna bakti (pensiun) pada Februari 2020 menyampaikan, agar nama baik sekolah yang telah baik dapat terus dijaga. Dulunya sejak baru berdiri 2009 sekolah ini hanya punya 2 ruangan, dan karena banyaknya peminat masuk ke SMK Negeri 1 Siantar, sempat juga pihaknya meminjam ruangan ke SMP Negeri 2 Siantar.

"Malu kami, sempat meminjam ruangan ke SMP Negeri 2 Siantar yang ada disebelah kita ini, tapi karena kekompakan kami (guru-guru) kami menjalaninya dengan baik, dan akhirnya sukses sampai saat ini,"cerita Rodearni Saragih, bahwa ada 5 guru yang awalnya bergabung di SMK Negeri 1 Siantar.

BACA JUGA  Ini Hasil Karya Siswa SMK Negeri 1 Siantar, Jurusan Kecantikan dan Busana Buat Bangga

Rodearni saragih Bersama Darwin Purba Kacabdis Siantar - Simalungun dan Kepala Sekolah SMK kabupaten Simalungun.
Melihat kesetiaan guru-gurunya, Rodearni berkali-kali meneteskan air matanya.

"Maaf buat guru-guru ku, karena saya sering marah-marah. Itu saya lakukan agar kita tetap disiplin memajukan sekolah, dan terlihat saat ini hasilnya, sekolah SMK negeri 1 Siantar dapat bersaing di Sumatera Utara,"ujar Rodearni sempat merenung beberapa detik dengan menutup matanya dengan ulos kenag-kenang yang diberikan para guru.

Pada kesempatan itu Rodearni Saragih juga berpesan untuk Kepala cabang dinas wilayah Siantar -Simalungun Darwin Purba yang hadir pada saat itu, agar nantinya penganti kepala sekolah SMK Negeri 1 Siantar diutamakan dari SMK Negeri 1 Siantar.

"Saya mohon kepada Kadis Pendidikan Sumatera Utara melalui Kepala cabang Dinas, agar nantinya penganti di SMK negeri 1 Siantar dari guru-guru SMK negeri 1 Siantar, karena mereka yang tahu bagaimana perkembangan sekolah ini, dan bahkan guru-guru honor disini cukup setia ada yang telah 10 tahun, dan bahkan pernah guru-guru honor ini pernah tak digaji 2 tahun, Tapi karena mereka setia dan mengabdi untuk siswa mereka tetap bertahan, tolong yah pak Kacabdis,"kata Rodearni Saragih agar permohonanya diterima nantinya.

BACA JUGA  Hari Guru 2018 di SMK N 1 Siantar : Tiga Guru Dapat Penghargaan dari Presiden RI

Rodearni bersama Kepala SMK Negeri 1 Raya Erlinda Saragih dan Kepala SMK Seni dan Budaya Riati Purba.
Darwin Erikson Purba SSos MSi Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan wilayah Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun yang hadir dalam acara Purna bakti dan peresmian gedung baru di SMK Negeri 1 Siantar mengatakan, akan menyampaikan permohonan kepala sekolah yang akan Purna Bakti.

"Saya akan sampaikan permohonan kepala sekolah SMK negeri 1 Siantar, tapi untuk menjadi kepala sekolah harus memiliki persyaratan tertentu sebagai kepala sekolah. Kita harapkan siapun nanti yang menjadi kepala sekolah mari kita dukung, semoga kepala sekolah yang akan datang benar-benar meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (siswa), sehingga dapat bersaing didunia kerja ,"katanya.

Sebelum acara purna bakti Rodearni Saragih Saragih, Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Pendidikan  Darwin Erikson Purba SSos MSi juga meresmikan pemakaian ruangan praktek siswa baru jurusan Teknik Komputer dan jaringan (TKJ).

Hadir pada acara itu yang juga memberikan cendramata sebagai ungkapan syukur 60 tahun Rodearni Saragih, Joli Saltaro Saragih (Wakasek Humas), Rudiman Purba (Wakasek Sarana dan Prasarana), Risma Nainggolan ( Wakasek Kurikulum), Mangita Siahaan (Wakasek Kesiswaan), Sirmaida Siahaan (Walasek Penjamin mutu), Nursamsi,S.Pd, MSi  (Ketua MKKS) Mastinar Darwis,S.P,M.Pd.(Pengawas SMK negeri 1 Siantar), Ramadhan Syaputra SH, MSi (Komite Sekolah) dan Tagor Leo Sitohang, SH ( Pembina Forum Literasi SMK Negeri 1 Siantar).

Joli Saltaro Saragih Wakasek Humas di SMK Negeri 1 siantar, Rodearni Saragih bukan saja hanya sebagai kepala sekolah tapi juga sebagai orang tua yang mengayomi setiap ada permasalahan guru-guru.

"Dia itu (Rodearni) bukan hanya sebagai kepala sekolah buat kami, kami juga merasakan bahwa dia sebagai orang tua untuk kami bagaimana menyelesaikan masalah-masalah kami guru-guru menghadapi permasalahan dikehidupan sehari-hari. Dia orang disiplin, mudah-mudahan pengantinya akan lebih baik lagi nantinya,"ungkap Joli, sambil mengucapkan selamat purna bakti dan ulang tahun kepada Rodearni Saragih yang ke 60 tahun.

Informasi yang dihimpun lintaspublik.com, berdirinya SMK negeri 1 Siantar pada tahun 2009 memiliki sekitar 30 orang siswa, dan saat ini sudah 800 siswa lebih, awal berdirinya sekolah ini memiliki 2 ruangan kini memiliki 26 ruang kelas (rombel), Dan kini sekolah SMK negeri 1 sudah memiliki ruangan Laboratorium Komputer, Ruangan perpustakaan, Galeri desainer Tata Busana, Ruang Praktek tata Busana, dan yang terbaru ruangan praktek Teknik Komputer dan Jaringan, dan sekolah ini menjadi sekolah favorit di wilayah kabupaten Simalungun karena banyaknya fasiltas pendukung.



Penulis : tagor
Editor : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.