Header Ads

7 Fakta Perpustakaan Nasional Indonesia yang Harus Kamu Tahu


LINTAS PUBLIK, Perpustakaan Nasional Indonesia memiliki sejumlah fakta menarik. Dijamin, travaler yang singgah di Perpusnas bakal bangga.

Perpustakaan tidak lagi sekadar menjadi tempat membaca dan mencari buku untuk bahan referensi. Banyaknya inovasi berbasis teknologi, menjadikan perpustakaan sebagai salah satu tempat belajar yang menyenangkan.

BACA JUGA  Pustakawan dan Perpustakaan Terbaik 2019 Studi Banding Ke Jakarta, Ini Foto-fotonya

Tagor Sitohang, SH Pengelola Rumah Baca Mutiara Bangsa mendaftar Online di Perpustakaan Nasional.(ist)
Salah satu perpustakaan yang menyenangkan dan kekinian adalah Perpustakaan Nasional. Perpustakaan tertinggi di dunia dan berada di jantung ibu kota itu menawarkan layanan dan fasilitas yang wow.

Dirangkum media, Kamis (20/2/2020) berikut fakta-fakta menarik tentang Perpustakaan Nasional Indonesia yang perlu kamu tahu.

BACA JUGA  Penghargaan Perpustakaan Terbaik, Edy Rahmayadi : Mari Tingkatkan Minat Baca Secara Nyata

Dari Perpustakaan Nasional Masyarakat dapat melihat Tugu Monumen Nasional secara utuh.
1. Perpustakaan Nasional, perputakaan tertinggi di dunia

Gedung Perpustakaan Nasional merupakan yang tertinggi di dunia yaitu 126,3 meter. Gedung setinggi ini memiliki gedung layanan sebanyak 24 lantai.

2. Perpustakaan Nasional Mudah dijangkau

Masyarakat dengan mudah menemukan Layanan disetiap Lantai Perpustakaan dengan membaca papan Petunjuk.
Perpustakaan Nasional berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat. Lokasinya berhadapan langsung dengan Monas dan tidak jauh dari halte Transjakarta. Kamu bisa turun di Halte Monas dan Halte Balai Kota, lalu berjalan kaki sedikit hingga ke gedung.

BACA JUGA  3 Undang - undang Mengatur Perpustakaan, Dra Neslianita Sinaga : Mari Tingkatkan Inovasi Diperpustakaan

3. Perpustakaan Nasional Terbuka untuk semua kalangan

Masyarakat dapat mengakses semua layanan di Perpustakaan Nasional.
Pustaka tak hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja, namun untuk semua kalangan. Di Perpusnas, juga ada layanan untuk anak-anak, disabilitas dan juga lansia lho.

Untuk koleksi buku, kamu tidak usah ragu. Semuanya lengkap di sini, bahkan juga ada naskah kuno, layanan multimedia, audiovisual, buku-buku langka, koleksi mancanegara, ragam pameran dan banyak lagi.

4. Bisa menggunakan ruangan di perpustakaan secara gratis

Peserta Studi banding dari Sumatera Utara Tahun 2019 di Perpustakaan Nasional.
Kamu yang ingin mengadakan acara diskusi tentang edukasi, seminar dan kegiatan publik bisa mengadakannya di Perpusnas secara gratis, lo. Di Perpusnas ini terdapat auditorium yang bisa menampung 200 orang, ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, dan mini theatre berkapasitas 35 orang.

Untuk bisa memanfaatkan ruangan ini, kamu bisa langsung menghubungi pihak perpustakaan untuk memesan tempat dan melihat ketersediaan.

BACA JUGA  Saat Menyerahkan Juara Perpustakaan, Wakil Walikota Siantar Peringatkan Kepala Sekolah

5. Perpustakaan Nasional Memiliki naskah kuno yang diakui UNESCO

Pustakawan asal Sumatera Utara mengabadikan gerbang Pintu masuk ke Perpustakaan Nasional
Koleksi Naskah Kuno Perpustakaan Nasional tercatat sebagai Memory Of The World (MoW) UNESCO yaitu Ila Galigo, Naskah Panji, Babad Diponegoro, Kitab Negarakertagama. Naskah ini bisa kamu lihat di Layanan Koleksi Naskah Nusantara yang ada di lantai 9.

6. Perpustakaan Nasional buka sampai malam

 Pustakawan Sumatera Utara mengabadikan Perpustakaan Nasional 24 lantai
Perpusnas buka tiap hari. Layanan dibuka setiap hari Senin-Kamis 08.00- 21.00 WIB, hari Jumat pukul 09.00-21.00 WIB dan Sabtu-Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB.

Nah, traveler, yang sekedar ingin membaca buku, bisa naik ke lantai 21 hingga 22. Lantai 23 menyajikan buku mancanegara, sedangkan lantai 24 menyimpan buku kisah-kisah nusantara.

Untuk buku, Perpusnas pun menyimpan ribuan buku. Dilihat dari katalog online, terdapat sekitar 921.203 judul buku. Itu baru buku fisik, selain itu juga terdapat kurang lebih 1,5 juta artikel digital yang bisa dilihat oleh para mahasiswa untuk keperluan kuliah.

BACA JUGA  Inilah Juara Perpustakaan SMP Terbaik Tahun 2019, Dewan Juri : Jangan Nomor Duakan Perpustakaan

7. Bisa bersantai di lantai tertinggi Perpusnas

Dilantai tertinggi Pengunjung dapat melihat Tugu Monas.
Hal lain yang menarik dari Perpusnas adalah di lantai 24. Pengunjung bisa naik ke lantai paling atas yang melayani Koleksi Budaya Nusantara dan Ex-Lounge.

Selain membaca buku-buku tentang budaya nusantara, kamu juga bisa meilhat Jakarta dari ketinggian di sini. Di sana ada bangku yang bisa kamu gunakan untuk duduk dan mengamati Kota Jakarta lho. Sering juga di lantai 24 ada kegiatan workshop dan pameran.

sumber   : det 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.