Header Ads

BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar Launching Antrean Online di Klinik Vita Medistra


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar melaunching antrean online di klinik Vita Medistra yang beralamat di Jalan Pattimura, Kota Pematangsiantar, Jumat (7/2/2020).

Antrean online ini merupakan inovasi BPJS Kesehatan yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Windharlan Siallagan mengatakan saat ini FKTP di Kota Pematangsiantar sudah menerapkan antrean online di beberapa klinik. Hal ini akan memberikan dampak positif baik bagi pemberi layanan maupun bagi peserta dan masyarakat selaku penerima layanan.

“BPJS Kesehatan selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal kepastian waktu tunggu layanan yang terkadang menjadi keluhan dalam pelayanan publik,” kata Windharlan.

DR.Juneta Zebua,MARS mengatakan antrean online ini untuk memudahkan peserta yang berobat ke klinik Vita Medistra.

Di mana peserta tidak perlu datang ke klinik hanya untuk mendaftar. Hal itu bisa dilakukan di mana saja baik itu di rumah.

"Bagi peserta JKN-KIS yang ingin berobat tidak perlu mengantre lama mengambil nomor. Cukup melalui aplikasi mobile JKN di Smartphone. Dengan begitu, peserta sudah dapat memprediksi kapan harus datang ke klinik untuk mendapatkan pelayanan sesuai pendaftaran yang telah didaftarkan melalui aplikasi Mobile JKN,"kata Dr.Juneta.

Sambung Dr.Juneta, antrean online ini telah merubah pelayanan klinik yang selama ini dilakukan manual mulai tahun 2014.

"Sudah lama manualnya tahun 2014 lalu. Inovasi BPJS Kesehatan ini adalah program baik untuk memberikan pelayanan maksimal kepada peserta. Apalagi, di tengah kemajuan teknologi ini harus diimbangi inovasi-inovasi berbasis digital juga,"ucapnya.

Kendati baru sehari diterapkan, ia bersama stafnya akan mensosialisasikan kepada pasien telah ada antrean online di klinik Vita Medistra.

"Kita akan sosialisasikan kepada peserta. Tadi beberapa pasien langsung mencari tahu bagaimana penggunaannya. Kita jelaskan masuk aplikasi mobile JKN dulu baru ke menu pendaftaran pelayanan,"ucapnya.

Supriadi salah satu pasien klinik Vita Medistra yang beralamat di Simpang Kerang sangat menyambut baik antrean online tersebut.

"Baru tahu tadi bahwa klinik Vita Medistra sudah ada antrean online. Kedepannya, akan memanfaatkan inovasi sehingga tidak perlu lama mengantri di klinik,"ucap Supriadi yang sedang membawa anaknya berobat karena demam.

Hadir dalam launching antrean online, kepala bidang PMP BPJS Kesehatan, Samira, staf Bidang PMP, Iadha Alwa dan staf humas Arnold Humisar Simatupang.

Perlu diketahui, FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang menerapkan antrean online di Kota Pematangsiantar ada dua yakni Klinik Serasi Jalan Medan dan Klinik Vita Medistra Jalan Pattimura.

Penulis   : rel
Editor     :tagor





Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.