Header Ads

Dinas Pariwisata Simalungun Akan Bangun Fasilitas di Gua Babaliang dan Pantai Kerikil Siporoporo


LINTAS PUBLIK - SIMALUNGUN, Dinas Pariwisata siap mengarap proyek baru untuk meningkatkan kualitas pariwisata di Simalungun.

Hal ini diungkap Anson Napitupulu Sekretaris Dinas Pariwisata Simalungun, Jumat (21/2/2020) ditemui diruang kerjanya di kompleks kantor Bupati Simalungun di Pematang Raya menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim Siantar Touring Club yang mau mempromosikan tempat-tempat wisata di kabupaten Simalungun.

BACA JUGA  Siantar Touring Club Kenalkan 3 Wisata di Simalungun, Ketua Bankom Garuda : Ayo Gali Potensi Budaya Kita

Anson Napitupulu Sekretaris Dinas Pariwisata Simalungun menunjukan potensi ungulan Wisata Simalungun
"Kami bersedia bekerjasama nantinya bersama tim Siantar Touring Club menjelajahi (Memperkenalkan) tempat-tempat Wisata di Simalungun, terimakasih atas masukannya bagaimana meningkatkan minat dan kunjungan wisata di Simalungun,"kata Anson Napitupulu, bahwa Dinas Pariwisata juga mengagendakan beberapa tempat Wisata program andalan termasuk kawa Putih Tinggi Raja.

 Anson Napitupulu didampingi Zulpan Dalimunthe Kepala Bidang Pariwisata  Simalungun menambahkan, bahwa masukan tentang meningkatkan kualitas pariwisata di Simalungun akan menjadi program khusus nantinya, bahkan akan bekerjasama dengan beberapa elemen masyarakat, termasuk masyarakat diwilayah 3 Destinasi yang membutuhkan peningkatan fasilitas jalan dan tempat.

BACA JUGA  Indahnya Pantai Kerikil "Siporoporo" di Huta Salbe, Ini Videonya

Anson Napitupulu didampingi Zulpan Dalimunthe Kabid Pariwisata Simalungun menjelaskan Pariwisata Simalungun
"Masukan 3 Destinasi wisata yang diperkenalkan Siantar Touring Club pasti kami masukan juga nantinya menjadi wisata unggulan. Pantai Kerikil Siporoporo, Gua Baba Liang dan Air Terjun Binanga Bolon akan menjadi program dinas Pariwisata Simalungun secepatnya,"ungkap Anson, bahwa Air terjun Binaga Bolon sudah masuk pembahasan (program) pembangunan tahun 2021.

Dalam kesempatan itu Zulpan Dalimunthe menambahkan, agar masyarakat setempat ke 3 tempat wisata itu juga membenahi diri.

"Kami siap bekerjasama membangun ke pariwisataan di Salbe dan Pasir Batu. Kami harapkan juga masyarakat membenahi diri, termasuk mau memfasilitasi tempat (tanah) wilayah obyek wisata yang akan  dibangunan,'jelas Zulpan Dalimunthe.

BACA JUGA  Potensi Wisata Gua Baba Liang di Simalungun

Pantai Kerikil Siporoporo bisa tempat Berkemah keluarga.
"Yang pastinya, kami telah memprogramkannya sampai jangka panjang bagaimana wilayah Simalungun ini menjadi primadona kunjungan wisata, demikian juga fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, termasuk sarana jalan lingkar danau Toba di wilayah Tigaras, Haranggaol dan Tambun Raya akan dibangun 2021,"kata Zulpan akan langsung mempromosikan dan meninjau langsung obyek Wisata Gua Babaliang, Air terjun Binaga Bolon dan Pantai Kerikil Siporoporo untuk mendapatkan kepastian hukum soal obyek yang akan dibangun.

"Yang pastinya semua skala prioritas,"ujarnya memberi semangat kepada masyarakat agar tetap menjaga kelestarian alam Danau Toba.

Sebelumnya  komunitas Siantar Touring Club (STC) menjelajahi (memperkenalkan) 3 obyek wisata di Simalungun.

Adapun ketiga tempat wisata itu adalah Pantai kerikil Siporo-poro di Huta Salbe Nagori Togu Domu Nauli kecamatan Dolok Pardamean Simalungun, kedua Gua Baba Liang di nagori Pasir batu kecamatan Haranggaol Horison. dan yang ketiga Air terjun Binanga Bolon di Nagori Pasir batu Haranggaol.

Tagor Sitohang, SH ketua tim penjelajah Wisata Danau Toba pada Minggu (23/2/2020) di sekretariat STC  jalan Farel pasaribu gang Anggur  mengatakan, wisata yang ada di Simalungun tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata lainnya, hanya saja pemerintah bersama masyarakat mau merawat dan melestarikannya.

"Kami sudah melihat Gua Babaliang potensinya cukup luar biasa sekali, saya bandingkan dengan wisata gua yang ada di Indonesia ternyata potensi Gua Baba Liang ini cukup bagus sekali. Pastinya Gua Babalian nantinya bisa menjadi obyek wisata andalan di Simalungun, saya mengajak masyarakat setempat untuk merawat dan menjaga kelasliannya,"ungkapnya.

BACA JUGA  Berusia 400 Tahun, Ini Rumah Raja Sidabutar yang Makamnya di Tomok Samosir

Air Terjun Binga Bolon di Nagori Pasir Batu Haranggaol.
Demikian juga Pantai Kerikil Siporoporo, Tagor Sitohang menjelaskan, Pantai Pasir Kerikil Siporo-poro memilik daya tarik sendiri, karena Pantai ini cukup unik dan bersih.

"Luar biasa kebersihan air danau Toba karena banyaknya kerikil disini, Di pantai ini kita bisa mengajak keluarga (anak-anak), karena pantainya danggkal dan kerikilnya halus tapi tidak tajam. Dan enaknya lagi pantai ini bisa tempat berkemah,"jelas Tagor Sitohang bersama tim Siantar Touring Club juga telah menjelajah Samosir, Balige, Humbahas, Taput dan Pantai pandang Tele di perbatasan dairi.

Pada kesempatan itu, Tagor Sitohang juga memperkenalkan Air Terjun Binagan Bolon yang belum banyak tersentuh pembangunan.

"Air terjun Binaga Bolon juga sangat bagus sekali, apa bila sedikit saja mendapat sentuhan (pembangunan) saya yakin Binaga Bolon akan banyak pengunjungnya, tentunya masyarakat setempat akan mendapat imbasnya (kesejahteraan(,"terang tagor Sitohang, bahwa ketinggian Binaga Bolon menjadi daya tarik tersendiri.

"Saya harapkan 3 tempat destinasi di Simalungun ini mendapat perhatian khusus dari Pemerintah kabupaten simalungun, karena ke tiga tempat wisata ini dapat mensejahterakan masyarakatnya."tambahanya lagi.



Penulis   : tim
Editor     : tagor
foto/video  : ricci

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.