Header Ads

HKI Gandeng GP Ansor, Banser NU, GMKI Lawan Covid-19


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Pucuk Pimpinan Huria Kristen Indonesia (HKI) menggandeng organ muda lintas agama Siantar untuk memerangi COVID-19. Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), HKI melalui Departemen Diakonia bersama-sama GP Ansor, Banser NU, GMKI Siantar-Simalungun dan Pemuda Geraja melakukan penyemprotan Disinfektan ke rumah-rumah ibadah, sekolah, panti asuhan, dan beberapa rumah warga, di daerah Siantar Simalungun, Selasa (24/3/20).

BACA JUGA  Gereja HKIP Ibadah Minggu Tanpa Jemaat, Ini Kata Pdt.T,Simamora


Sekjen Pdt. Dr. Batara Sihombing, M.Th mengatakan “Virus Corona ini adalah ancaman bagi kehidupan kemanusiaan kita. Oleh sebab itu kita semua manusia harus saling tolong menolong, saling bersiap mencegah virus corona ini. Jangan menyerangan kehidupan kita karena kehidupan kita ini adalah pemberian Tuhan mari kita kasihi.

Ephorus Pdt. M. Pahala Hutabarat, S.Th, MM mengatakan “Sebagai Warga Negara yang peduli atas seruan pemerintah, gereja tidak terlepas juga umat yang lain. Kami menyambut seruan Presiden RI Joko Widodo, sikap Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun dan Pemerintah siantar untuk mencegah Penyebaran COVID-19.

Ephorus juga melanjutkan “marilah kita semua warga tidak menunggu tindakan pemerintah. Tapi biarlah kita bersama-sama dengan pemerintah, membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan mematuhi seruan pemerintah dan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah kita masing-masing.

Kepala Departemen Diakonia HKI Pdt. Beresman Nahampun mengatakan “Penyemprotan ini dilakukan bersama dengan GP Ansor, Banser NU, GMKI Siantar-Simalungun dan Pemuda Geraja. Penyemprotan sudah dimulai dari Tanggal 23/3/20 - 4 April 2020, meliputi Kantor Pusat HKI, GKPI, GKPS, beberapa Mesjid, Mussolah, Panti Asuhan, rumah dinas pimpinan gereja, rumah pelayan dan rumah warga. Penyemprotan ini dilakukan bersama dengan swadaya gereja dan organ muda lintas agama di Siantar.

Penyemprotan dilakukan dengan 3 kelompok (tim) untuk mempercepat penyemprotan dan mengurangi penumpukan untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran COVID-19.

Penyemprotan ini dilakukan untuk mengajak masyarakat untuk semua berperan aktif dalam mencegah penyebaran COVID-19 dengan menyemprot rumah masing-masing.

Ketua GP Ansor Ridwan Akbar Pulungan mengatakan “kita harus berbuat. Pemuda adalah garda terdepan motor penggerak bangsa, Mari timbulkan kesadaran dan peduli kepada sesama ciptaan Tuhan. COVID-19 tidak mengenal kepada siapa dia akan datang. Kami telah bergerak dan terus bergerak mengajak masyrakat untuk mematuhi petunjuk pemerintah sekaligus membantu pemerintah dengan melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah,"katanya.


Seperti yang diungkapkan May Luther Dewanto Sinaga, Ketua GMKI Pematangsiantar-Simalungun langkah ini diambil sebagai antisipasi terhadap meluasnya paparan virus Corona di Sumatera Utara, khususnya di kota Pematangsiantar.

"Virus ini sangat membahayakan kehidupan manusia, oleh karena itu kami berupaya berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) ini dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan di Kota Pematangsiantar", tambah Luther lagi.

Memutus rantai penyebaran Covid-19, harus dengan gerakan bersama yang dibangun oleh masyarakat. Untuk itu kita butuh kerjasama (bahu-membahu) antar golongan dalam penanganan Covid-19 ini. Dan semua upaya pencegahan yang dilakukan, didukung dengan pola hidup sehat dan bersih dari masyarakat, Lanjut Ephorus dalam pemberangkatan tim penyemprotan disinfektan.



Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.