Header Ads

HUMATOB Himbau Masyarakat Batak Tunda Pesta Adat


LINTAS PUBLIK - SIANTAR,Himpunan Masyarakat Toba (Humatob) menghimbau agar seluruh masyarakat mematuhi maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis berupa larangan menggelar acara yang sifatnya mengumpulkan orang atau keramaian. Maklumat ini dikeluarkan mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerapkan sosial distancing (menjaga jarak sosial).

BACA JUGA  Cegah Virus Covid-19, Partangiangan Opung Raja Pangaribuan Sitohang Ditunda


Maklumat itu dikeluarkan Kapolri dengan nomor Mak/2/lll/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada tanggal 19 Maret 2020.

Dengan itu, Humatob sebagai lembaga pemersatu batak, menghimbau semua acara-acara adat batak untuk ditunda sementara.

"Kami sadar, kita sadar, semua kebutuhan adat sangatlah penting bagi masyarakat Batak, Karena orang batak adalah orang beradat. Tapi kami sepakat sebagai lembaga budaya yang menjaga adat istiadat batak, bahwa kita harus bersatu melawan Virus Corona Covid-19. Karena itu semua adat batak mulai dari adat kelahiran (tardidi), khsususnya  perkawinan agar ditunda sementara, karena adat batak pasti melibatkan orang banyak (marga-marga),"ungkap Elie Silalahi salah seorang pembina Humatob kepada lintaspublik.com, kamis (27/3/2020) di jalan Kalimantan kota Pematangsiantar.

Menurut Elie Silalahi, kalau pun kita harus memberi adat bagi yang meninggal, acara dapat lebih dipersingkat.

"Yah, kalau pun ada yang meninggal acara bisa dipersingkat,"ujar Elie, agar badai Covid19 cepat berlalu, sehingga acara adat bagi masyarakat Batak dapat normal kembali.

Pada kesempatan itu, Garogol Kanor Butar-butar salah seorang pendiri Humatob menjelaskan, dengan adanya intruksi Kapolri dan Himbauan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin agar jangan ada keramaian dan berkumpul. Humatob mematuhi aturan itu, dan menunda acara pelantikan.

"Kami mendukung intruksi Kapolri, dan Himbauan Kapolda Sumut, karena itu, kami menunda acara pelantikan dewan Pengurus Humatob pada Bulan April 2020, dan acara Gondang Sabagunan (Pesta besar),"jelas Garogol.

Garogol juga mengharapkan, agar masyarakat batak, khusunya masyarakat batak Toba mendukung sepenuh pemberantasan Covid19 dikota Pematangsiantar maupun kabupaten Simalungun.

"Ayo kita sama-sama mendukung Presiden RI, dan mematuhi maklumat Kapolri dengan tidak membuat keramaian. Semoga Tuhan menyertai kita semua, dan badai Covid cepat berlalu,"kata Garogol diharapkan Pesta Gondang akan dilaksanakan pada Juni 2020.

"Kita akan mengadakan pesta besar, Gondang Sabagunan, sehingga kita akan mewartakan bahwa batak itu berbudaya, dan bangsa Indonesia kaya akan Budaya Nusantara, termasuk budaya (adat) batak Toba, Horas Humatob,"tutup Garogol, yang dikenal sebagai tokoh batak dengan panggilan Opung Ronaldo.




Penulis   : tagor
Editor     : tagor




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.