Header Ads

KPw BI Pematangsiantar Sosialisasikan QRIS


LINTAS PUBLIK-SIANTAR, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar (KPw Bl Pematangsiantar) berkomitmen untuk memperkuat Sistem Pembayaran di Indonesia khususnya Kota Pematangsiantar melalui penerapan Quick Pesponse Code /Indonesian Standard (QRIS) dalam transaksi pembayaran di masyarakat.


Kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam tema ”Pekan QRIS Nasional 2020" digelar mulai tanggal 2-15 Maret 2020.

KPw Bl Pematangsiantar turut serta memeriahkan acara tersebut dengan puncak acara yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2020 di Jalan Surabaya dan tanggal 15 Maret 2020 di area Car Free DayKota Pematangsiantar.

Kepala KPw Bl Pematangsiantar, Edhi Rahmanto Hidayat menjelaskan tujuan utama dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk meningkatkan awareness masyarakat baik konsumen maupun merchant.

"Adanya QRIS sebagai teknologi QR yang mempermudah pembayaran non tunai dan untuk meningkatkan penggunaan QRIS di Kota Pematangsiantar,"jelas Edhi pada saat media briefing bersama perwakilan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) Bank dan Non Bank pada tanggal 10 Maret 2020.

Lanjut Edhi, QRIS bukan merupakan aplikasi, melainkan sebuah kode pembayaran yang distandarisasi oleh Bank Indonesia, dan menjadi penghubung dalam transaksi pembayaran. QRIS dapat digunakan untuk semua transaksi pembayaran elektronik sehingga transaksi akan lebih mudah menggunakan QRIS karena dapat dilakukan hanya dengan menggunakan handphone.

Di Kota Pematangsiantar, sejumlah bank yang telah mengantongi izin sebagai PJSP dan juga PJSP non bank telah mengeluarkan QRIS untuk digunakan oleh ratusan Merchant yang terdiri dari Cafe, restoran, rumah ibadah, kantin sekolah dan lainnya. Data Bank Indonesia per 15 Februari menunjukkan telah ada 3.187 merchant pengguna QRIS yang terdapat di 8 kabupaten/kota di wilayah kerja KPw Bl Pematangsiantar. Untuk mendiseminasikan penggunaan QRIS lebih luas sejak tanggal 2 Maret 2020, KPw Bl Pematangsiantar telah mengadakan kegiatan sosialisasi QRIS ke beberapa Universitas, Sekolah, dan Rumah Ibadah serta talkshow di 2 (dua) radio. Sosialisasi QRIS juga akan dilaksanakan di Pasar Horas pada hari Kamis,(12/3/2020).

Kedepan, Bank Indonesia Pematangsiantar akan terus berkomitmen untuk memperkuat sistem pembayaran di Indonesia melalui penggunaan QRIS. Setelah pelaksanaan Pekan QRIS Nasional 2020, KPw Bl Pematangsiantar mengharapkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat untuk dapat melakukan pembayaran melalui QRIS dalam transaksi sehari-hari.

Penulis   : franki
Editor     : tagor

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.