Header Ads

Lawan Corona, Jokowi: Kita Tak Bisa Tiru Begitu Saja


LINTAS PUBLIK, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tidak mau menentukan kebijakan dalam menghadapi wabah Covid-19 dengan gegabah. Menurutnya kebijakan harus diambil dengan perhitungan yang matang.

Presiden Joko Widodo.
Dia menjelaskan Indonesia harus belajar dari negara lain dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Namun menurut Jokowi tidak kebijakan negara-negara tersebut dapat ditiru dan diaplikasikan di Indonesia.

"Kita tak bisa meniru begitu saja sebab setiap negara memiliki ciri khas masing-masing baik luas wilayah, jumlah penduduk, kedisiplinan, kondisi geografis, karakter budaya, perekonomian masyarakat, kemampuan fiskal dan lain-lain. Karena itu kita tak boleh gegabah dalam merumuskan strategi. Semuanya harus dihitung, dikalkulasi secara cermat," ujarnya dalam keterangan pers yang disiarkan melalui chanel YouTube milik Sekretariat Kabinet, Selasa (31/3/2020).

Presiden menjelaskan terdapat tiga inti kebijakan pemerintah dalam menangani wabah Covid-19. Yang pertama dan utama adalah kesehatan masyarakat. Karena itu pemerintah berupaya mengendalikan penyebaran dan mengobati pasien yang terpapar Covid-19.

"Kedua kita siapkan jaring pengaman sosial untuk masyarakat lapis bawah agar tetap mampu penuihi kebutuhan pokok dan menjaga daya beli. Ketiga menjaga dunia usaha utamanya usaha mikro, kecil dan menengah agar tetap beroperasi melakukan penyerapan tenaga kerjanya," tandas Jokowi.



sumber   : posk 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.